PELAKSANAAN PELAYANAN DI BADAN PELAYANAN TERPADU (BPT) KABUPATEN SRAGEN 2008

M. EKOSANTOSO (2009) PELAKSANAAN PELAYANAN DI BADAN PELAYANAN TERPADU (BPT) KABUPATEN SRAGEN 2008. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (803kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)

Abstract

Melihat perkembangan perubahan politik yang terjadi dalam numg lingkup otonomi daerah, konsep Good Govemanoc seberelnya memiliki peran penting untuk perubaban bentuk pelayanan publik yang lebih baik. Kita bisa mencermati dari keberhasilan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yalmi Kabupaten Sragen. Dengan program pelayanan tereadu mclalui OSS (one stop aerviec) Kabupatcn Sragen bedwall menjadi dacrah percontohan bagi Kabupaten lain. Scjak beroperast secara resmi, Oktober 2002. eksistensi BPT (Badan Pelayanan Terpadu) yang sebeltunnya KPT (Kantor Pelayanan Terpadu) ini memberikan dampak positif bagi perkentbangan dan pembangunan Kabupaten Sragen. Metodc penelitian dalam tulisan ini adalah deskriptif kualitatif, yang berusaha menggambarkan sccara jelas segala kcgiatan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen mengenai Reforrnasi birokmsi dalam hal pelayanan public yang dilaksanalcan oleh Badan Pclayanan Terpadu. Untuk menclapatkan data ini penulis menggunakan prosedur pcnclitian antara wawaricara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini didasari olch penelitian dilapangan, tahap analisis dengan mengambil pemmusan untuk dipecahlcan agar menjadi kesimpulan dengan mcngaitkan secara intensif dengan latar bclakang masalah yang diteliti. Dengan dibentuknya BP'f dapat membenlan kemudahan bagi masyaralcat untuk Mendapalcatkan pelayantm yang baik. Disamping itu juga efisiensi pelayanaa bagi masyarakat ekan mudah tercapai dengan pcoyempitan peran yang difokuskan pada BPT. lika schclumnya masyaraltat mengurus izin memerlukan waktu yang lama karena harus Mendatangi beberapa kantor yang tempatnya bojaultan sehingga kontrol dari hasil yang (ngin dicapai tidak cfektif dan sering terkesan babebt-belit Operasional BPT akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk masdapatkan halcnya sebagai warga negara Badan Pclayanan Tcrpadu Kabupaten Sragen terbultti telah berhasil mengubahnya dengan membangun tata nilai dan budaya ketja baru antara lain : mcnyedcrhanakan syarat dan mekanisme, memberikan kepasnan biaya dan waktu, menyelesaikan serangkaian ijin dalam satu ternpu dengan waktu paling lama 10 hari dan menghilangkan praktck KKN yang diikutsi dengan pengembangan SDM secare kontinyu untuk mengubah perilalcu serta kemarnpuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Reposisi peran birokrasi tidak hanya terjadi pada lembaga baru seperti BPT, namun juga harus juga diterapkan dilernbaga lama sebab dilembaga lama penyakit yang birokrasi yang selalu tidak mcmuaskan masyamlcat masih sangat kuat. Karena ini konsepnya adalah top manager maka ini mampakan antisipasi untuk rnempertahankan kaltur sebagai pclayan publik sehingga pada saat pergantian pemimpin lembaga (131"T) tidak disalah manfaatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PELAYANAN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 03 Jun 2022 09:02
Last Modified: 03 Jun 2022 09:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18848

Actions (login required)

View Item
View Item