PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI LINGKUNGAN PELAJAR KOTA YOGYAKARTA

IIS YULIA NURRIDA (2015) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI LINGKUNGAN PELAJAR KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)

Abstract

*95 Penyalahgunaan narkotika saat ini telah mengkhawatirkan, korban penyalahgunaan narkotika di wilayah Yogyakarta setiap tahunnya cenderung meningkat bahkan di Negara Indonesia ini. Para korbannya rata-rata mereka masih usia remaja yang masih sekolah. Narkotika merupakan obat yang dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan, namun apabila narkotika disalahgunakan maka dapat mengakibatkan efek yang buruk bagi penggunanya. Perlindungan hukum bagi korban penyalahgunaan narkotika dilingkungan pelajar sangat dibutuhkan. Para korban penyalahgunaan narkotika perlu diberikan perlindungan hukum karna mereka sebagai korban dan pelajar merupakan aset negara sebagai penerus bangsa yang harus di selamatkan dari bahanya narkotika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab penyalahgunaan narkotika di lingkungan pelajar kota Yogyakarta. Dan bentuk perlindungan hukum terhadap korban penyalahgunaan Narkotika di lingkungan pelajar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif. Lokasi penelitian di wilayah kota Yogyakarta, dilakukan di Polresta Yogyakarta, BNNP Yogyakrta, BNNK Yogyakarta. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penelitian kepustakaan, baik perundang-undangan, makalah, surat kabar maupun dari internet. Analisis data disusun secara sistematis dan logis serta menggambarkan hubungan hasil penelitian yang diperoleh supaya memperoleh gambaran sesuai dengan permasalahan.
Dari hasil penelitian dapat di simpulkan, faktor penyebab penyalahgunaan narkotika di lingkungan pelajar karena faktor lingkungan keluarga, faktor pergaulan, faktor lingkungan dalam masyarakat serta faktor ekonomi. Bentuk perlindungan hukum terhadap korban penyalahgunaan narkotika di lingkungan pelajar dengan cara memberiakan bantuan hukum, serta penerapan dekriminalisasi para pecandu wajib mendapatkan layanan rehabilitasi dan depenalisiasi para pecandu wajib lapor kepada pihak berwajib. Dapat disimpulkan bahwa faktor penyalahgunaan narkotika karna kurangnya pengawasan dari orang tua dan pergaulan lingkungannya bermain. Upaya perlindungan hukum untuk korban penyalahgunaan narkotika dilingkungan pelajar dengan cara rehabilitasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *95 PERLINDUNGAN HUKUM, PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA, KORBAN
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 May 2022 02:49
Last Modified: 28 May 2022 02:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18874

Actions (login required)

View Item
View Item