PERAN PEMBIMBING ASRAMA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS SISWA MADRASAH ALIYAH AL-HAITSAM BOGOR

NURDIN LEWAR (2015) PERAN PEMBIMBING ASRAMA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS SISWA MADRASAH ALIYAH AL-HAITSAM BOGOR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

*124 Penelitian ini berjudul “Peran Pembimbing Asrama Dalam Meningkatkan
Keterampilan Berbahasa Arab dan Inggris Siswa Madrasah Aliyah Al-Haitsam
Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian bertujuan untuk mengetahui peran
pembimbing asrama dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab dan
Inggris siswa (Studi Kasus Asrama Multingual). Populasi dalam penelitian ini
adalah peneliti mengambil 5 siswa dalam tiap kelas yang telah diseleksi baik dari
segi kemampuan berbahasanya ataupun dalam kemampuan akademiknya yang
telah menjadi syarat untuk bisa menempati asrama multingual. Jadi jumlah
populasi keseluruhan yaitu 15 populasi.
Dalam penelitian kualitatif ini metode penelitian yang peneliti gunakan
dalam memperoleh data adalah Metode Interview, Metode Observasi, Metode
Kuesioner, dan Metode Dokumentasi. Metode interview peneliti gunakan untuk
mewawancara para pembimbing di asrama, sedangkan metode kuesioner peneliti
gunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan siswa dalam
berbahasa selama siswa itu dibimbing oleh para pembimbing di asrama itu.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Pembimbing Asrama Dalam
Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab dan Inggris Siswa Madrasah Aliyah
Al-Haitsam Bogor cukup baik, dilihat dari hasil wawancara terhadap pembimbing
asrama dan data angket yang rata-rata siswa mengatakan bahwa peran
pembimbing dalam mendidik dan membimbing mereka sudah terlaksana dengan
baik, walaupun dalam membimbing dan mendidik selalu ada hambatan dan
kekurangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *124 PERAN PEMBIMBING, KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS.
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 May 2022 02:23
Last Modified: 28 May 2022 02:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18930

Actions (login required)

View Item
View Item