PRESEPSI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN ANAK USIA DINI DI TK ABA GADING III GADING PLAYEN GUNUNGKIDUL

AGUS SUSANTO (2015) PRESEPSI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN ANAK USIA DINI DI TK ABA GADING III GADING PLAYEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (41kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Abstract

*52 Tujuan penelitian yaitu, untuk mengetahui prilaku keagamaan anak di TK ABA Gading III Playen Gunungkidul, mengetahui upaya penanaman prilaku keagamaan anak di TK ABA Gading III Playen Gunungkidul, untuk mengetahui permasalahan yang menghambat prilaku keagamaan anak di TK ABA Gading III Playen Gunungkidul serta untuk mengetahui pemecahan permasalahan yang menghambat prilaku keagamaan anak di TK ABA Gading III Playen Gunungkidul.
Metode penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian diskripsi kualitatif sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua siswa yang berjumlah 32 responden sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, interview, angket, untuk Analisa Data menggunakan Metode Dekduktif dan Metode Induktif.
Kesimpulan hasil penelitian Presepsi Orang Tua Terhadap Prikaku Keagamaan anak dikategorikan “Baik”. Hasil yang dicapai 75,208% > 75%, namun walaupun masuk kategori baik, tetapi nilai yang dicapai sangat rendah untuk kategori baik, karena nilainya merupakan batas terendah di kategori tersebut. Sehingga hal ini perlu benar-benar mendapatkan perhatian lebih serius agar kelak prilaku keagamaan anak didik di TK ABA Gading III Playen Gunungkidul lenih meningkat dan berada jauh diatas ambang batas kategori baik. Pelaksanaan penanaman prilaku keagamaan anak di TK ABA Gading III Playen Gunungkidul hasil yang dicapai 78,472% > 75%, maka penanaman prilaku keagamaan anak dikategorikan “terlasana dengan baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Progam Pendidikan Keagamaan di TK ABA Gading III Playen Gunungkidul telah terlaksana dengan baik, hal ini terbukti dari jawaban para responden yang mencapae 78,472%. Permasalahan yang menghambat prilaku keagamaan anak di TK ABA Gading III Playen Gunungkidul antara lain kurangnya sarana prasarana, kurangnya kesadaran orang tua dalam pendidikan anak, adanya perbedaan keyakinan di lingkungan anak didik, globalisasi. Sedangkan pemecahan permasalahan yang menghambat prilaku keagamaan anak di TK ABA Gading III Playen Gunungkidul yaitu berupaya mandiri dalam mencukupi kebutuhan sekolah, melakukan kerjasama dengan pihak-pihak lain dan memberikan kesadaran kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *52
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 May 2022 02:17
Last Modified: 28 May 2022 02:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18936

Actions (login required)

View Item
View Item