ANALISIS SEDIMENT DELIVERY RATIO PADA DAERAH TANGKAPAN AIR WADUK SERMO BERDASARKAN PENGARUH KARAKTERISTIK LUAS DAERAH TANGKAPAN AIR

IKHWAN SUJIYANTO (2015) ANALISIS SEDIMENT DELIVERY RATIO PADA DAERAH TANGKAPAN AIR WADUK SERMO BERDASARKAN PENGARUH KARAKTERISTIK LUAS DAERAH TANGKAPAN AIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (63kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (1MB)

Abstract

*101 Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Mengetahui peran kepala sekolah dalam pembinaan Taman Pendidikan Al Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Godean.(2) Untuk mengetahui kemampuan baca Iqra’ dan Al-qur’an peserta didik setelah adanya pembinaan TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Peran kepala sekolah dalam pembinaan TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean adalah sebagai manager, leader, supervisor, administrator dan pendidik. Dalam peran-peran ini yang paling sering dilakukan bapak kepala sekolah dalam pembinaan TPA adalah peran sebagai supervisor. Hal ini terlihat sesuai hasil penelitian berkaitan dengan peran kepala sekolah berikut : (a). sebagai manager kepala sekolah menggerakkan seluruh warga sekolah dalam kegiatan TPA yang bertujuan untuk membentuk tingkah laku siswa berakhlak mulia, menjadikan generasi siswa agar membaca Al-qur’an dengan baik dan benar. (b). sebagai leader kepala sekolah memberikan kebijakan yang arif bagi kegiatan proses TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean. (c). sebagai supervisor : selalu mengadakan peninjauan langsung terhadap proses kegiatan TPA di SMP Muhammadiyah 1 Godean seperti : Tahsinul Qur’an, Iqra’, Al-qur’an, Tartil dan Qiro’ah bagi yang sudah lancar membaca Al-qur’an. (d). sebagai administrator disini sifatnya hanya membantu dan mengarahkan dalam penyusunan program TPA baik dilihat dari segi perencanaan, pengorganisasian, pembiayaan, dan pengawasan. (e). sebagai pendidik : mendidik guru dan karyawan dengan maksud meningkatkan kualitas pendidik untuk menunjang kegiatan TPA dalam meningkatkan kemampuan baca Al-qur’an melalui kegitan Tahsinul Qur’an. (2).Kemampuan membaca Iqra’ dan Al-qur’an dapat dilihat dalam kartu prestasi peserta didik. Kartu prestasi dipergunakan untuk melihat perkembangan kemampuan siswa. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan hasil penelitian terdapat 138 siswa (45,85%) iqra’ dan Al-qur’an yang mendapat nilai A, sedangkan 83 siswa (27,57%) mendapat nilai B, dan 80 siswa (26,58%) mendapat nilai C. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah diadakannya TPA kemampuan membaca iqra’ dan Al-qur’an siswa SMP Muhammadiyah 1 Godean kelas VII dan kelas VIII rata-rata mendapat nilai A

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PAI *101 PERAN, KEPALA SEKOLAH, PEMBINAAN, TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 May 2022 02:01
Last Modified: 28 May 2022 02:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18948

Actions (login required)

View Item
View Item