PENGARUH PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DUSUN KLACI II KELURAHAN MARGOLUWIH KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN

ARI YULIASTUTI (2015) PENGARUH PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DUSUN KLACI II KELURAHAN MARGOLUWIH KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)

Abstract

*441 Latar Belakang : ASI penting bagi bayi untuk menunjang pertumbuhan, kesehatan, dan kelangsungan hidup bayi karena ASI kaya zat gizi dan antibodi. Bagi ibu, menyusui dapat mengurangi morbiditas dan mortalitas karena akan merangsang kontraksi uterus sehingga mengurangi perdarahan setelah melahirkan (post partum). Presentase pemberian ASI eksklusif semakin menurun seiring meningkatnya umur bayi.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif terhadap pemberian ASI eksklusif di Dusun Klaci II.
Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak umur 6 bulan – 5 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Penelitian ini dilakukan di Posyandu Dusun Klaci II, Margoluwih, Seyegan, Sleman, Yogyakarta pada Bulan Februari 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Uji statistik digunakan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif terhadap pemberian ASI eksklusif.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan, anak yang mendapat ASI eksklusif 23 anak (74,2%) dan yang tidak mendapat ASI eksklusif 8 anak (25,8%). Pengaruh pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif terhadap pemberian ASI eksklusif p=1.000 (p>0,05). Pengaruh pekerjaan ibu terhadap pemberian ASI eksklusif p=0,045 (p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *441 PENGETAHUAN, MENYUSUI EKSKLUSIF
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 May 2022 02:00
Last Modified: 28 May 2022 02:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item
View Item