PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAN AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH KAB

ANISA TRISNANINGRUM (2015) PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAN AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH KAB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)

Abstract

*238 Akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah merupakan proses pengelolaan keuangan daerah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, pertanggungjawaban, serta pengawasan yang benar-benar dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan DPRD. Penenilitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh standar akuntansi pemerintahan, penyajian dan aksesibilitas laporak keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah SKPD Pemerintah Kabupaten Keerom-Papua. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.
Teknik pengumpulan data dengan teknik survei dengan menyebarkan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 38 SKPD dengan 152 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji f dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Standar akuntansi pemerintahan berpengaruh signifikan positif terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, 2) Penyajian laporan keuangan berpengaruh signifikan positif terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, 3) Aksesibilitas laporan keuangan berpengaruh signifikan positif terhadap akuntabilitas. Untuk itu disarankan bagi seluruh instansi pemerintah Kabupaten Keerom-Papua agar dapat meningkatkan penerapan standar akuntansi pemerintahan, penyajian laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan agar akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dapat terus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *238 PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN, AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 01:46
Last Modified: 27 May 2022 01:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19013

Actions (login required)

View Item
View Item