ANALISIS LOAD FACTOR ANGKUTAN UMUM BUS TRANS JOGJA JALUR 4B PADA TAHUN 2015

ARBA'IN (2015) ANALISIS LOAD FACTOR ANGKUTAN UMUM BUS TRANS JOGJA JALUR 4B PADA TAHUN 2015. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

*83 Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dan dominan dalam mempermudah dan memperlancar roda perekonomian serta berperan penting sebagai penunjang, pendorong, penggerak bagi pertumbuhan suatu daerah, baik daerah perkotaan maupun daerah pedesaan, negara maju maupun negara sedang berkembang. Untuk menunjang kelancaran mobilitas perjalanan dari asal menuju tujuan perjalanan, maka pada pada tanggal 15 Oktober tahun 2010, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan trayek baru Trans Jogja yaitu trayek 4A dan 4B masing-masing dua armada. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk menggunakan transportasi umum khususnya di daerah Yogyakarta, maka Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta menambah dua armada lagi guna menunjang kebutuhan akan sarana transpotasi umum untuk memperlancar aktivitas masyarakat di daerah Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung rata-rata nilai load factor statis dan dinamis bus Jrans Jogja jalur 4B dengan adanya penambahan jumlah armada menjadi empat unit. Penelitian ini menggunakan 4 armada dengan pembagian waktu pengamatan terbagi menjadi 3, yakni pagi, siang dan malam. Jumlah surveyor yang diperlukan untuk setiap armada berjumlah 4 orang, masin -masing armada hanya ada 1 surveyor dengan tugas mencatat jumlah penumpang yang naik dan yang turun. Penelitian ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 14 Maret 2015, hari Minggu pada tanggal 15 Maret 2015 dan hari Rabu pada tanggal 18 Maret 2015. Dari data-data penelitian setelah dilakukan analisis dapat diambil kesimpulan sebagai berikut load factor statis pengamatan pagi sebesar 13,83 persen, pengamatan siang sebesar 24,75 persen dan malam sebesar 16,87 persen. Hasil analisis load factor dinamis adalah sebagai berikut pengamatan pagi sebesar 13,57 persen, pengamatan siang sebesar 23,45 persen dan malam sebesar 16,01 persen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *83 TRANSPORTASI, TRANS JOGJA, LOAD FACTOR
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 May 2022 07:46
Last Modified: 25 May 2022 07:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19092

Actions (login required)

View Item
View Item