ARDHY ARYATAMA (2015) AKTIVITAS BRAND LOYALTY PSS SLEMAN DALAM MEMBANGUN FANATISME SUPORTER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (329kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
*315 Penelitian ini membahas tentang aktivitas brand loyalty, adapun aktivitas yang diteliti adalah aktivitas brand loyalty PSS Sleman. PSS Sleman merupakan salah satu klub sepakbola DIY yang berkompetisi di Divisi Utama Indonesia. PSS Sleman memiliki 2 suporter yaitu Slemania dan Brigata Curva Sud yang mempunyai fanatik yang tinggi dalam mendukung klub kebanggaannya. Fanatik yang di tunjukkan oleh kedua suporter PSS Sleman ini pernah mendapatkan penghargaan. Slemania terpilih sebagai nominator suporter favorit dalam Sepak Bola Award-ANTV 2003, sedangkan Brigata Curva Sud terpilih menjadi suporter best TIFO action in 2013 yang menduduki nomer 5 didunia yang tercatat pada website Ultras-Tifo. net dan menjadi satu-satunya suporter klub Indonesia pada website tersebut.
Ada banyak cara yang telah dilakukan oleh PSS Sleman dalam membangun dan mempertahankan fanatisme supporter. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas pemain dengan membeli beberapa pemain berkelas yang mempunyai kemampuan yang baik dan reputasi di sepakbola Indonesia. Jadi tim bisa memberikan suporter hasil yang baik dan menyenangkan mereka dengan memenangkan pertandingan. Cara ini mungkin efektif untuk membuat suporter tertarik dalam mendukung PSS Sleman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *315 FANATISME, AKTIVITAS, BRAND LOYALTY |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 03:33 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 03:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19107 |