ANALISIS FRAMING MUNAS PARTAI GOLKAR IX BALI 2014 DI MEDIA ONLINE “VIVA.CO.ID” DAN “METROTVNEWS.COM”

AGUNG RANGKUTI (2015) ANALISIS FRAMING MUNAS PARTAI GOLKAR IX BALI 2014 DI MEDIA ONLINE “VIVA.CO.ID” DAN “METROTVNEWS.COM”. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

*321 Pelaksanaan Munas Partai Golkar IX Bali 2014 menjadi sumber pemberitaan bagi media massa di Indonesia. Pemberitaan yang disajikan oleh media massa tersebut tentunya akan berpengaruh dalam pembentukan opini publik mengenai permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media online Viva.co.id dan Metrotvnews.com membingkai (framing) berita mengenai pelaksanaan Munas Partai Golkar IX Bali 2014, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan pemberitaan mengenai pelaksanaan Munas Partai Golkar IX Bali 2014 pada Viva.co.id dan Metrotvnews.com.
Penelitian ini menggunakan metode analisis framing model Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki. Objek penelitian yang digunakan adalah teks-teks berita tentang pelaksanaan Munas Partai Golkar IX Bali 2014 pada Viva.co.id dan Metrotvnews.com dalam rentang waktu tanggal 29 November 2014 – 4 Desember 2014. Hal ini dikarenakan pada tanggal tersebut terdapat beberapa puncak konflik yang memanas mengenai Munas Golkar IX di Bali.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa Viva.co.id dan Metrotvnews.com memiliki frame yang berbeda dalam pemberitaan pelaksanaan Munas Partai Golkar IX Bali 2014. Viva.co.id cenderung lebih positif dalam memberitakan pelaksanaan Munas Partai Golkar IX Bali 2014. Secara keseluruhan Viva.co.id memiliki frame besar yang menganggap bahwa Aburizal Bakrie merupakan sosok pahlawan bagi Partai Golkar, dengan menjadikan sistem pelaksanaan Munas sebagai tameng bahwa Aburizal Bakrie bukanlah penyebab rusuhnya Munas IX Bali. Sedangkan Metrotvnews.com cenderung lebih negatif dalam memberitakan pelaksanaan Munas Partai Golkar IX Bali 2014.Metrotvnews.com menganggap bahwa Aburizal Bakrie merupakan malapetaka bagi Partai Golkar. Hal ini dikarenakan Aburizal Bakrie dianggap sebagai sosok yang haus akan kekuasaan. Sehingga menyebabkan perubahan sistem demokrasi dan ideologi Partai Golkar dalam pelaksanaan Munas IX Bali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *321 FRAMING, VIVA.CO.ID, METROTVNEWS.COM, MUNAS PARTAI GOLKAR IX BALI.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 May 2022 07:42
Last Modified: 25 May 2022 07:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19118

Actions (login required)

View Item
View Item