MEDIA PRAKTIKUM SISTEM PENGEREMAN DAIHATSU ZEBRA

HASTI RAHAYU (2015) MEDIA PRAKTIKUM SISTEM PENGEREMAN DAIHATSU ZEBRA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Sistem Pengereman adalah sebuah sistem yang ada pada kendaraan yang dirancang untuk mengurangi atau memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Sistem pengereman tersebut meliputi rem kaki, rem tromol, dan rem cakram. Pengereman sangat penting terutama pada saat parkir berada pada area yang tidak landai..
Pada proses pembuatan Media praktikum Sistem Pengereman Daihatsu Zebra ini,maka langkah- langkahnya adalah Merancang Desain Alat Peraga, Mempersiapkan Alat dan bahan Memotong Material, Pengelasan, Membuat dan Memasang Bracket, merapikan stand karena terak akibat dari proses pengelasan perlu dibersihkan dengan menggunakan gerinda supaya stand terlihat bersih dan rapi, Epoxy Primer, Pendempulan untuk meratakan permukaan yang tidak rata dan mengisi celah antar sambungan yang telah di las, Pengecatan Rangka, Pemasangan Komponen, Pengujian yangmana langkah ini di lakukan pemeriksaan komponen rem serta uji coba sistem pengereman.
Berdasarkan hasil pengukuran pada komponen sistem pengereman yang ada pada Media praktikum Sistem pengereman Daihatsu Zebra didapat hasil yaitu, Pengukuran ketebalan kampas, baik rem cakram maupun tromol.Rem cakram,ketebalan 8,85 mm dan masih laik digunakan.Rem tromol, ketebalan 4mm dan masih bisa digunakan. Celah kampas dengan disc brake 0.50 mm, Celah Kampas dengan Drum brake 5.45 mm, Hasil pengukuran clearance jarak kondisi bebas sampai diberi tekanan adalah 10 cm. ( standard 154,7 – 164.7 mm ).Dari lantai dengan standard kebebasan 3-6 mm, Pengukuran kerataan disc brake menggunakan Dial indicatore, Didapat hasil tingkat kerataan dari dua area, area A dan B. Dengan hasil 0.05 – 0.1 mm, Pengukuran pegas pengembali Kondisi bebas tanpa tekanan 14 mm (panjang keseluruhan), Kondis diberi tekanan 14.5 mm (Panjang keseluruhan), Ketebalan disc brake 11.10 mm dan masih dapat digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SISTEM, PENGEREMAN,TROMOL,DISC BRAKE
Divisions: Program Vokasi > Teknologi Mesin D3
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 May 2022 07:28
Last Modified: 25 May 2022 07:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19151

Actions (login required)

View Item
View Item