INNA RESTUNA (2015) TINGKAT PERSAINGAN RADIO DI YOGYAKARTA DALAM MENDAPATKAN IKLAN (ANALISIS TEORI NICHE PADA RADIO GEORNIMO DAN SWARAGAMA BULAN JULI - SEPTEMBER 2014). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (671kB)
Bab I.pdf
Download (393kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (542kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
*300 Penelitian persaingan pada kedua media massa radio yaitu Radio Geronimo dan Swaragama dilakukan karena kedua media mempunyai karakteristik yang sama pada jam siar, positioning sex, dan target pendengar yang telah menjadi Top Brand radio di kota Yogyakarta. Media mempunyai sumber daya sebagai penunjang kehidupannya, salah satunya adalah iklan, semakin banyak media maka semakin ketat persaingan diantara media tersebut. Jika media mempunyai karakteristik sama, maka persaingan untuk mendapatkan iklan semakin ketat dan menarik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Niche, teori ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar persaingan diantara kedua media atau lebih dari dua media. Di dalam perhitungan teori ini, untuk mengukurnya menggunakan dua teknik perhitungan yaitu Niche Breadth dan Niche Overlap. Niche Breadth untuk mengetahui seberapa besar ketergantungan media terhadap iklan dan Niche Overlap untuk mengetahui seberapa besar tingkat persaingan diantara kedua media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Dari data yang didapatkan selama tiga bulan, maka didapatkan data kedua Radio Geronimo dan Swaragama dengan Niche Breadthnya berada pada kategori spesialis. Pada perhitungan Niche Overlap, maka didapatkan hasil persaingan kedua radio ini sangat ketat. Maka dengan menggunakan teori ini kita dapat mengetahui hasil persaingan kedua media massa tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *300 PERSAINGAN MEDIA, DESKRIPTIF KUANTITATIF, TEORI NICHE |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 May 2022 06:11 |
Last Modified: | 24 May 2022 06:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19473 |