ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN WAJIB BELAJAR 9 TAHUN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI KOTA TERNATE (STUDI KASUS PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA TERNATE)

WAHYUDI BARMAWI (2015) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN WAJIB BELAJAR 9 TAHUN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI KOTA TERNATE (STUDI KASUS PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA TERNATE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (449kB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana yang sangat efektif guna membangun bangsa dan Negara yang berperadaban dinamis. Adanya PP 47 tahun 2008 tentang wajib belajar dimaksudkan agar percepatan dan pemerataan pendidikan kesegala arah dapat diwujudkan dengan komitmen pemerintah dan pemerintah daerah. Penelitian ini membahas implementasi kebijakan wajib belajar 9 tahun di Kota Ternate dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui implementasi kebijakan wajib belajar 9 tahun dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Ternate, (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan wajib belajar 9 tahun dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Ternate. Sementara itu, teori yang dipergunakan yaitu implementasi kebijakan yang merujuk kepada pandangan Grindle dan Edward III. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan program wajib belajar di Kota Ternate belum optimal. Hal ini ditunjukkan dengan sikap pelaksana kebijakan di Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate dalam merespon permasalahan yang terjadi di sekolah. Masih banyaknya tenaga honorer dibeberapa sekolah, 1 bangunan sekolah dipergunakan 2 sekolah secara bergantian, dan bangunan perpustakaan yang berada di SMPN 12 Pulau Moti belum diperbaiki karena terkena abrasi.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan implementasi kebijakan wajib belajar di Kota Ternate belum optimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan wajib belajar adalah faktor disposisi. Faktor disposisi yang paling menentukan kebijakan wajib belajar 9 tahun di Kota Ternate

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI KEBIJAKAN, KEBIJAKAN WAJIB BELAJAR, MUTU PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 May 2022 02:20
Last Modified: 24 May 2022 02:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19571

Actions (login required)

View Item
View Item