IMPLEMENTASI PELAYANAN SAMSAT CORNER DALAM RANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TAHUN 2014 (STUDI PADA SAMSAT CORNER GALERIA MALL YOGYAKARTA)

PAHMI AMRI, S.IP. (2015) IMPLEMENTASI PELAYANAN SAMSAT CORNER DALAM RANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TAHUN 2014 (STUDI PADA SAMSAT CORNER GALERIA MALL YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)

Abstract

Seiring dengan dikeluarkannya Peraturan Bersama Gubernur DIY, Kapolda DIY serta Direktur Operasi PT. Jasa Raharja Nomor : 35 Tahun 2008, Nomor: B/4820/XI/2008 serta Nomor : SKEB/12/2008 mengenai program peningkatan pelayanan prima SAMSAT, dibentuklah SAMSAT Corner. Pajak kendaraan bermotor (PKB) merupakan salah satu penerimaan pajak yang mempengaruhi tingginya pendapatan daerah. Oleh karena itu, perlu adanya optimalisasi dari penerimaan PKB melalui berbagai upaya yang mampu meningkatkan jumlah pendapatan dari sector ini, salah satunya adalah dengan cara meningkatkan kepuasan WajibPajak (WP) kendaraan bermotor melalui pemberian kualitas pelayanan yang optimal. Berdasarkan uraian tersebut peneliti ingin mengetahui implementasi pelayanan samsat Corner galeria mall dalam rangka peningkatan pelayanan pajak kendraan bermotor tahun 2014.
Dalam penelitian ini implemntasi pelayanan samsat Corner, Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode campuran yaitu dengan menggabungkan metode kuantitatif dengan metode kualitatif. Pada tahap pertama penelitian ini akan dilakukan dengan cara kuantitatif dengan melakukan penelitian dengan pendekatan survey, kemudian setelah pengambilan data kuantitatif selesai dilakukan maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penelitian dengan metode kualitatif.
Berdasarkan analisis penulis didapati bahwa implementasi pelayanan samsat Corner Galeria mall sudah berjalan baik, dengan nilai indeks 3,59 termasuk dalam kategori baik. Pelayanan samsat Corner juga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya Komunikasi, SDM, Disposisi, Struktur Birokrasi mendapat penilaian 3,76 termasuk dalam kategori baik juga. Hal tersebut merupakan sebuah temuan dalam penelitian ini bahwa penyelenggara internal pelayanan yang maksimal belum menjamin pelayanan yang baik juga, terlihat dari hasil penilaian internal lebih besar dari penilaian eksternal.
Analisis yang telah dilakukan oleh peneliti menyipulkan bahwa implementasi pelayanan samsat Corner Galeria Mall telah berjalan dengan baik, memberikan dampak positif kepada masyarakat (wajib pajak) kendaraan bermotor. Namun regulasi yang mengatur secara khusus pelayanan samsat Corner Galeria Mall belum optimal, sehingga dapat dikaji kembali agar bisa membentuk peraturan yang jelas untuk pelayanan samsat Corner.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 May 2022 01:43
Last Modified: 24 May 2022 01:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19604

Actions (login required)

View Item
View Item