PENGARUH MODEL INFILTRASI SEDERHANA TERHADAP KUALITAS DAN KUANTITAS AIR (STUDI KASUS DENGAN MEDIA PASIR, KRIKIL, DAN HUMUS)

ANDHIKA PRASETYO (2007) PENGARUH MODEL INFILTRASI SEDERHANA TERHADAP KUALITAS DAN KUANTITAS AIR (STUDI KASUS DENGAN MEDIA PASIR, KRIKIL, DAN HUMUS). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Akibat dari penIngkatan pembangunan salah satunya yaith menurunnya daya Infiltrasi pada tanah. Hal itu dikarenakan tanah yang seharusnya digunakan sebagai tanah resapan kini sudah berubah menjadi bangunan perumahan dan pemukiman penduduk Sehingga koefisien limpasan air hujan meningkat dan akibatnya yaitu banjir pada daerah disekitarnya yang lebih rendah topografinya. Oleh karena itu penelltian kami diusahakan cara untuk mengembalikan fungsi tanah sebagai media penyerap air hujan dengan menambahkan lapisan pasir, kerikil, dan humus (kompos) yang diharapkan dapat mengurangi limpasan yang terjadi sehingga secara tidak langsung dapat mencegah banjir. Penelitian Inl dilakukan penulis dengan tujuan untuk menganalisis debit luapan dan laju Selain itu penulis juga menganalisis tinggi air genangan dan menganalisis pengaruh media yang digunakan terhadap kualitas air (kandungan Fe dan kadar pH).
Model penelitian dibuat dengan cara menggali tanah dengan ukuran panjang 1 m, lebar 0,5 m, dan kedalaman 0,6 m. Sebelum menggali tanah uhtuk model, tanah dlgali terleblh dahulu sedalam 20 cm untuk pengukuran ketinggian genangan air. Model yang dibuat membutuhkan 0,18 nri tanah humus, 0,18 tt3 pasir, dan +0,03 kerikil. Penelitian ini dilakukan dengan mengalirkan debit yang sudah didapat sebelumnya berdasarkan intensitas hujan sedang ( I : 0,23 mm/mnt ) yang digunakan sebagai acuan yazzu 0,34 Itridtk kedalam modeL Darz penelitian ini dilakukan pengambilan data tinggi genangatt, laju infiltrasi, debit luapan dan juga pengambilan air sampel untuk diketahui kadar Fe dan pH.
Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan infiltrasi mengalami penurunan berdasarkan waktu. Laju infiltrasi dari ketiga percobaan besarnya antara 0,142 — 0,157 lt/dtk Air meluap keluar pada saarketinggian genangan mencapai ±15 cm dan apa bIla debit yang keluar sudah sama dengan debit masuk maka percobaan dihentikan. Kadar Fe yang dihasilkan rata-rata sebesar 0,2 mg/Itr, dan kadar pH yang dihasilkan antara 7,14 —7,88 fidOk

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: INFILTRASI SEDERHANA
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 31 Dec 2021 07:47
Last Modified: 31 Dec 2021 07:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19618

Actions (login required)

View Item
View Item