ANALISIS PENGADAAN OBAT BERBASIS PARETO DAN VEN DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY TERHADAP EFISIENSI BIAYA DI INSTALASI FARMASI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

DEWANTO SURYONINGRAT (2015) ANALISIS PENGADAAN OBAT BERBASIS PARETO DAN VEN DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY TERHADAP EFISIENSI BIAYA DI INSTALASI FARMASI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)

Abstract

Latar belakang:Manajemen persediaan yang efektif dapat menurunkan biaya barang terjual dan pengeluaran operasional, yang menyebabkan meningkatnya pendapatan kotor dan pendapatan bersih. Proses pengadaan obat harus mempertimbangkan secara detail dan merencanakannya secara rinci mengenai rencana pengadaan obat yang akan dilakukan agar biaya yang dikeluarkan IFRS PKU Muhammadiyah Bantul menjadi lebih efisien. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengadaan obat di instalasi farmasi rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan observasional deskriptif analitik.Penelitian dilakukan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul, Yogyakartaselama bulan Juli sampai bulan Agustus 2014.Subjek penelitian terdiri dari 1 orang Kepala Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Analisis data dilakukan secara deskriptif dalam bentuk narasi.
Hasil dan Pembahasan: Pengadaan obat yang dilakukan Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul hanya memperhitungkan total biaya persediaan obat dengan menjumlahkan total biaya pemesanan obat dan total biaya penyimpanan obat, namun tidak memperhitungkan biaya safety stock dalam memperhitungkan total biaya persediaan. Hal ini dikarenakan pihak rumah sakit belum menentukan besarnya safety stock yang akan digunakan.Perencanaan pengadaan obat yang dilakukan IFRS PKU Muhammadiyah Bantul berdasarkan besarnya frekuensi pemesanan obat yang diperoleh dari riwayat pembelian obat pada tahun sebelumnya. Perencanaan ini mengakibatkan biaya yang dikeluarkan oleh pihak IFRS untuk pengadaan perbekalan obat menjadi lebih besar dan kurang efisien. Penerapan metode EOQ dalam perencanaan pengadaan gabungan obat pareto dan VEN di IFRS PKU Muhammadiyah mampu menghasilkan total biaya yang lebih rendah dibanding dengan metode yang diterapkan berdasarkan kebijakan IFRS PKU Muhammadiyah Bantul.
Kesimpulan: Analisis pengadaan obat berbasis Pareto dan VEN dengan menggunakan metode EOQ lebih efisien dibanding perhitungan yang diterapkan berdasarkan kebijakan IFRS PKU Muhammadiyah Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENGADAAN OBAT, PARETO DAN VEN, EOQ
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 May 2022 05:49
Last Modified: 23 May 2022 05:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19738

Actions (login required)

View Item
View Item