ANALISIS POSITIONING PRODUK TABUNGAN PERBANKAN DI YOGYAKARTA

RICKY HARDI (2007) ANALISIS POSITIONING PRODUK TABUNGAN PERBANKAN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengindentifikasi segmentasi pasar, atribut penting yang mentadi neuan dalam memilih produk tabungan, dan positioning perbankan. Dengan mempergunakan nasabah tabungan pada bank pemerintah(BUMN) sebagai subyek penelitiannya, responden atau nasabah diminta untuk menjawab daftar pertanyaan atau quesioner dengan menggunakan metode purposif sampling dari quota sampling. Hubungan antar variabel bersifat interdependent yaitu semua variabel berhubungan satu sama lain yang terdiri dari variabel (1) strategi deferensiasi dan positioning, (2) persepsi konsumen.penelitian ini mengacu pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Umi Salamah dan Tjiptohadi (2002) dan Muafi(2002) Hasil penelitian menunjukan bahwa segmentasi pasar produk tabungan sangat beragam dan tidak dipengaruhi oleh suatu klasifikasi tertentu natnun didasarkan atas pemikiran terhadap kebutuhan dimasa yang akan datang. Atribut penting yang menjadi acuan dalam penelitian ini setelah dianalisis menggunakan analisis Falctor adalah seluruh atribut dalam penelitian ini namun yang dominan adalah atribut jaringan ATN.4 yang banyak, bunga tabungan yang tinggi dan kerarnah tamahan pelayanan. Titik ideal point atau posisi bank yang ideal sesuai dengan harnpan konsumeu setelah dilakukan anansis multi dimensional scaling (MDS) berada pada dimensi dua yang berisi atribut bunga tabungan yang tinggi, biaya administrasi rendah, kenyamanan banking hall dan atribut jaininan asuransi jiwa atau be,asiswa Berdasarkan posisi keempat bank pemerintah yang menjadi obyek penelitian belum mendekati bank ideal yaitu pada dimensi dua dan tiga karena itu per1u melak-ukan kegiatan repositioning yang terarah berdasarkan atas posisi ideal point sesuai dengan harapan nasabah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: POSITIONING
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:28
Last Modified: 30 Mar 2022 02:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19807

Actions (login required)

View Item
View Item