ANALISIS EFISIENSI KINERJA KEUANGAN BADAN AMIL ZAKAT DAERAH (BAZDA) KABUPATEN LOMBOK TIMUR PERIODE 2012-2014: PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

ALFI LESTARI (2015) ANALISIS EFISIENSI KINERJA KEUANGAN BADAN AMIL ZAKAT DAERAH (BAZDA) KABUPATEN LOMBOK TIMUR PERIODE 2012-2014: PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Besarnya potensi Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) di Kabupaten Lombok Timur diyakini dapat menciptakan keadilan distribusi kekayaan dan kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi, dana ZIS yang terhimpun belum optimal dan masih jauh dari potensi zakat yang ada. Sehingga dibutuhkan optimalisasi potensi zakat, salah satunya diukur dari tingkat efisiensinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efisiensi Kinerja Keuangan Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Lombok Timur pada periode 2012-2014 menggunkan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan pendekatan intermediasi. Objek yang diteliti adalah laporan keuangan BAZDA Kabupaten Lombok Timur periode 2012-2014. Metode yang digunakan adalah metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan asumsi Constant Return to Scale (CRS). Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel input dan output. Variabel input yang digunakan adalah dana ZIS yang terhimpun, biaya operasional dan gaji karyawan. Sementara variabel outputnya adalah dana ZIS yang tersalurkan dan aktiva tetap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BAZDA Kabupaten Lombok Timur mengalami inefisiensi pada tahun 2013 yaitu sebesar 95,17 persen. Sementara pada tahun 2012 dan 2014 BAZDA Kabupaten Lombok Timur telah mencapai tingkat efisiensi yaitu sebesar 100 persen. Inefisiensi terjadi karena nilai actual tidak sama dengan nilai target yang ditetapkan oleh DEA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EFISIENSI, ZAKAT, BAZDA, DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:09
Last Modified: 24 Feb 2022 07:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20338

Actions (login required)

View Item
View Item