ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DITINJAU DARI PRESEPSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI (STUDI PADA KANTOR CAMAT KABUPATEN KULON PROGO)

DUANA HERU SUPRIYANA (2007) ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DITINJAU DARI PRESEPSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI (STUDI PADA KANTOR CAMAT KABUPATEN KULON PROGO). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan tmtuk menglcaji pengaruh persepsi kepemimpinan transformasional dan pengaruh komitmen orgaaisasi terhadap organizational citizenship behavior pada PNS di lingkungan Kantor Camat Kabupaten Kulon Progo. Populasi penelitian ini adalah PNS di Kantor Camat Kabupaten Kulon Progo dengan jtunlah sampel sebanyalc 65 orang yang diambil dengan menggunakan tehnik stratified sampling. Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupalcan kontribusi individu yang mendalam melebihi tuntutan peran di tempat kerja dan di-reward oleh perolehan kinerja tugas. OCB ini melibatkan beberapa perilaku meliputi perilaku menolong orang lain, menjadi volunteer untuk tugas-tugas ekstra, patuh terhadap aturan-aturan dan prosedur-prosedur di tempat kerja. Perilaku tersebut menggambarkan tambah karyawan" dan merupakan salah satu bentuk perilaku prososial, yaitu perilaku sosial yang positif, konstruktif dan bermakna membantu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah menerima hipotesis pertama yang diajukan, yaitu persepsi kepemimpinan transformasional berpengaruh signifilcan terhadap OCB. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis regresi berganda dengan nilai F sebesar 0,344 dan signifikansi sebesar 0,010. Nilai signifikansi tersebut masih berada di bawah nilai signifikansi yang ditetapkan yaitu sebesar 0,05 dan positif sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif terhadap OCB. Sedangkan untuk hipotesis yang kedua ditolak karena ternyata komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terbadap OCB. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis regresi berganda dengan nilai F sebesar 0,190 dan signifikansi sebesar 0,145. Nilai signifikansi tersebut betada di atas nilai signifikansi yang ditetapkan yaitu sebesar 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa komitmen organisasi memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan (tidak berpengaruh secara signifikan) terhadap OCB.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:54
Last Modified: 17 Feb 2022 06:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20414

Actions (login required)

View Item
View Item