TEKNIK-TEKNIK PROPAGANDA DALAM BERITA DI MEDIA ONLINE (ANALISIS ISI KUANTITATIF TEKNIK-TEKNIK PROPAGANDA CALON PRESIDEN DAN CALON WAKIL PRESIDEN JOKO WIDODO DAN JUSUF KALLA DALAM BERITA POLITIK DI

HAMAM FANANI (2015) TEKNIK-TEKNIK PROPAGANDA DALAM BERITA DI MEDIA ONLINE (ANALISIS ISI KUANTITATIF TEKNIK-TEKNIK PROPAGANDA CALON PRESIDEN DAN CALON WAKIL PRESIDEN JOKO WIDODO DAN JUSUF KALLA DALAM BERITA POLITIK DI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)

Abstract

*350 akan berlomba-lomba mendapatkan suara sebanyak-banyaknya. Berbagai cara
akan dipikirkan matang-matang agar mampu mencapai target yaitu menduduki
kursi utama dalam pemerintahan. Masyarakat sebagai pemilih juga akan mencari
informasi mengenai calon yang akan dipilihnya, salah satunya menggunakan
media berita online. Rasa ingin tahu ini menjadi lahan basah bagi pasangan calon
presiden dan wakil presiden untuk mentransfer tujuannya. Ketertarikan
masyarakat Indonesia dalam mengakses konten berita secara online menjadi lahan
basah bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-JK sebagai alat
penyampai pesan dari tujuan-tujuan politiknya. Terdapat beberapa cara dalam
membungkus pesan yang akan disampaikan. Salah satunya yaitu propaganda.
Penelitian ini akan mengungkap secara kuantitatif teknik-teknik propaganda yang
dilakukan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang
diberitakan pada masa kampanye presiden tahun 2014 di media berita online
kompas.com dan detik.com. Data sebagai bahan yang diteliti diperoleh dari arsip
pemberitaan di kedua media tersebut dan diolah dengan menggunakan teknik
Analisis Isi kuantitatif.
Terdapat delapan teknik propaganda, teknik ini digunakan oleh pasangan calon
presiden dan wakil presiden Jokowi-JK. Bandwagon Technique merupakan teknik
propaganda unggulan yang digunakan pasangan ini

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *350 TEKNIK PROPAGANDA, ANALISIS ISI KUANTITATIF, JOKOWI-JK, BERITA, DETIK.COM, KOMPAS.COM.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:51
Last Modified: 22 Feb 2022 06:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20427

Actions (login required)

View Item
View Item