DWI SAMSIYATI (2015) PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGTENGAH, WONOSARI, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (670kB)
Halaman Judul.pdf
Download (306kB)
Abstract.pdf
Download (85kB)
Bab I.pdf
Download (215kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (212kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (570kB)
Abstract
*143 Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SD Muhammadiyah Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul diketahui bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam guru menggunakan metode ceramah dan praktek langsung pada materi tertentu.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : mendeskripsikan penerapan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V, mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Kegiatan pokok penelitian tindakan kelas dalam setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi ini akan dijadikan sebagai dasar penyusunan rencana pada siklus selanjutnya. Pada penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa : lembar Observasi (pengamatan) untuk mengamati kegiatan siswa, catatan lapangan, LKS, wawancara, studi dokumentasi dengan hasil tes dan foto-foto pada saat pembelajaran, serta lembar evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan : (a) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi pada siklus I masih banyak kekurangan, yaitu ada beberapa siswa yang belum paham cara kerja metode diskusi. (b) Metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dari rata-rata pretest 12,5% menjadi 56,25% pada siklus I dan pada siklus II terjadi peningkatan dari rata-rata pretest 58,33% menjadi 85,71%.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pertama pembelajaran dengan metode diskusi dapat dilaksanakan dengan baik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yang kedua penggunaaan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan ketiga adalah dampak penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan konsentrasi, kerjasama, keberanian bertanya dan berpendapat siswa dalam belajar.
Kata kunci: penerapan, metode diskusi, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *143 |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 03:51 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 03:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20459 |