KHODIJAH UMMUL MUKMININ (2015) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK MODERN ASSALAAM TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (476kB)
Halaman Judul.pdf
Download (47kB)
Abstract.pdf
Download (8kB)
Bab I.pdf
Download (169kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
*154 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas X MA di Pondok Modern Assalaam Temanggung, ditinjau dari segi konteks (context), masukan (input), proses (process), dan hasil (output).
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), model penelitian evaluatif kategori penelitian evaluasi program model CIPP, dengan sampel proporsional random sampling. Komponen evaluasi dalam penelitian ini mencakup konteks (context), masukan (input), proses (process), dan hasil (product). Data dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara, dengan metode analisis kualitatif (non statistik). Evaluasi konteks dilakukan untuk mengevaluasi latar belakang program dengan analisis SWOT. Evaluasi masukan dilakukan untuk mengevaluasi sumberdaya pendukung program. Evaluasi proses dilakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan program. Evaluasi hasil dilakukan untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan program.
Temuan penelitian dilihat dari sisi konteks (context) program adalah latar belakang program sesuai visi misi PMA Temanggung. Hasil analisis SWOT, secara internal kurang memiliki kekuatan dan tantangan. Hal ini dapat dilihat dari potensi sekolah yang kurang sesuai. Dari sisi masukan (input) program berupa sumberdaya pendukung yang meliputi bahan, alat dan manusia. Dari segi bahan belum tersedia kurikulum dan bahan ajar yang lengkap, alat dan media yang digunakan hanya sebatas konvensional. Pendidik sudah sesuai dengan kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan, sehingga guru sudah memiliki kompetensi akademik, pedagogik dan profesional. Kompetensi dasar siswa yang tidak seimbang, karena siswa berasal dari sekolah yang berbeda. Dari sisi proses (process) pelaksanaan program dalam pembelajaran dari persiapan belum dibuat dan terisi dengan lengkap, pelaksanaan pembelajaran belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik. Sedangkan dari sisi hasil (product) program berupa hasil prestasi akademik siswa pada pembelajaran Bahasa Arab perolehan rata-rata nilai terendah yaitu 4,25. Perolehan nilai terendah berada dibawah nilai KKM 7,5. Hal ini berarti bahwa pembelajaran Bahasa Arab dinyatakan belum tuntas. Hasil prestasi akademik siswa pada pembelajaran Bahasa Arab perolehan rata-rata nilai yaitu 7. Perolehan nilai rata-rata berada dibawah nilai KKM 7,5. Hal ini berarti bahwa pembelajaran Bahasa Arab dinyatakan belum tuntas. Penelitian ini juga menemukan temuan lain seperti nilai rata-rata siswa alumni Ponpes, MTs N, SMP IT, dan MTs Assalaam sendiri memperoleh diatas KKM, walaupun masih ditemukan beberapa siswa memperoleh nilai dibawah KKM (7,5) seperti beberapa siswa alumni MTs Assalaam sendiri dan siswa alumni SMP Muhammadiyah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAI *154 EVALUASI PROGRAM, PEMBELAJARAN BAHASA ARAB |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 07:15 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 07:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20468 |