STRATEGI POSITIONING MAJALAH DAKWAH ISLAM MASA KINI DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS TERHADAP EKSISTENSI MAJALAH AR-RISALAH DAN AN-NAJAH)

RIMA APRILIAWAN (2015) STRATEGI POSITIONING MAJALAH DAKWAH ISLAM MASA KINI DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS TERHADAP EKSISTENSI MAJALAH AR-RISALAH DAN AN-NAJAH). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi positioning Majalah ar-Risalah dan an-Najah dalam berkompetisi dengan media massa lain agar tetap eksis di era digital, dan mengungkap alasan Majalah ar-Risalah dan an-Najah dalam menentukan strategi positioning dan bagaimana proses penerapannya agar mad’u tertarik terhadap majalah tersebut, serta mengetahui metode dakwah yang dilakukan oleh Majalah ar-Risalah dan an-Najah melalui media massa. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam kepada informan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilnya, Strategi positioning Majalah ar-Risalah dan an-Najah dalam implementasi konsep STP dimulai dari mengidentifikasi target pembaca (mad’u), menciptakan diferensiasi serta menciptakan keunggulan produk yang akan diberikan kepada pembaca. Oleh karena itu, redaksi melaksanakan beberapa cara agar strategi positioning dapat dikatakan sukses dan membekas dibenak pembaca seperti: menggunakan karakter produk terhadap majalah Islam lainnya (differentiation), menjamin harga-kualitas, konsisten terhadap aplikasi produk, profil pembaca yang jelas (konsumen), berkelas Nasional, kesesuaian produk dengan simbol kultur masyarakat Indonesia dan mengetahui kekuatan-kelemahan pesaing. Adapun alasan Majalah ar-Risalah dan an-Najah dalam menentukan strategi positioning yang menjadi pembeda dengan majalah-majalah pada umumnya yaitu untuk berdakwah amar ma’ruf nahi munkar. Kemudian metode dakwah yang dilakukan oleh Majalah ar-Risalah dan an-Najah adalah metode bil-qolam, artinya berdakwah melalui tulisan dengan memanfaatkan media massa seperti majalah dan internet.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: S KPI 139 TRATEGI POSITIONING, MAJALAH AR-RISALAH, MAJALAH AN-NAJAH, METODE DAKWAH.
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:31
Last Modified: 24 Feb 2022 03:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20476

Actions (login required)

View Item
View Item