KINERJA GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO BANTUL

ULFA AMRA (2015) KINERJA GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)

Abstract

*155 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kinerja guru taman pendidikan
al-Qur’an (TPA) dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an bagi peserta
didik SD Muhammadiyah Tamantirto Bantul, dan menjelaskan faktor pendukung
dan penghambat kinerja guru taman pendidikan al-Qur’an (TPA) tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan sumber informasi yaitu guru TPA, peserta didik dan
kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, obeservasi dan
dokumentasi kemudian data dianalisis secara deksriptif kualitatif.
Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja guru TPA difokuskan pada 3 aspek,
yaitu; proses perencanan persiapan pembelajaran kurang berjalan dengan
maksimal karena guru tidak sempat membuat silabus, RPP, dan lainnya
dikarenakan keterbatasan waktu. Dalam proses pelaksanaan kegiatan
pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Sedangkan untuk proses evaluasi
pembelajaran sudah berjalan dengan baik meskipun hanya 1 kali dalam setiap
semester, tapi secara tidak langsung sudah setiap hari melakukan evaluasi dengan
adanya kartu prestasi. Disamping itu ada faktor pendukung dari kinerja guru TPA,
salah satunya dukungan dari pihak UNIRES UMY dengan memberikan uang
transportasi dan lokasi yang dekat dengan kampus. Adapun faktor penghambatnya
adalah kurangny komitmen dari sebagian guru TPA dan peserta didik yang masih
bermalasan untuk mengaji serta kurangnya perhatian dari orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PAI *155 KINERJA GURU TPA, TANAM PENDIDIKAN AL-QUR’AN, PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:24
Last Modified: 22 Feb 2022 03:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item
View Item