EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DARI ASPEK PERSEPSI PENGGUNA DI RSKIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

ADINDA SMITANINGRUM KINASIH (2015) EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DARI ASPEK PERSEPSI PENGGUNA DI RSKIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)

Abstract

Latar Belakang RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta adalah salah satu rumah sakit yang telah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ( SIMRS ) sejak tahun 2009. Untuk pengembangan ke arah yang lebih baik, diperlukan suatu evaluasi pada sistem yang berjalan saat ini untuk mengetahui pendapat pengguna tentang aspek-aspek yang mempengaruhi sistem informasi. Dari awal diimplementasikan, belum pernah dilakukan evaluasi terhadap SIMRS tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi SIMRS yang digunakan oleh rumah sakit dengan metode PIECES.
Metode jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data primer didapat dari pengisian kuesioner tentang persepsi responden dan wawancara mendalam kepada responden. Data sekunder dari dokumen penunjang, Responden yang dipilih adalah orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penggunaan SIMRS yang berjumlah 28 orang. Analisis data dengan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil dan pembahasan : diperoleh hasil bahwa kualitas informasi yang dihasilkan oleh SIMRS secara umum dalam kategori agak baik. Aspek performance didapatkan hasil agak baik, kendalanya adalah tidak adanya prosedur untuk pengoperasian SIMRS. Aspek information didapatkan hasil agak baik, input data yang dilakukan tidak teliti sehingga output data yang dihasilkan belum dapat diyakini kebenarannya. Aspek economics dinilai perlu pengembangan sistem yang akan memerlukan biaya besar dan tambahan SDM termasuk tenaga IT untuk maintenance. Aspek control and security dalam kategori agak baik namun pengguna menganggap keamanan data tidak terjamin karena digunakannya password secara bersama-sama. Aspek efficiency didapatkan hasil agak baik namun pemanfaatan sistem untuk membantu manajemen membuat keputusan masih sangat minimal. Aspek service didapatkan hasil agak baik, namun data yang dihasilkan tidak dapat diyakini kebenarannya.
Kesimpulan persepsi pengguna sangat berperan penting dalam pengembangan SIMRS. SIMRS di RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta menurut pengguna butuh banyak perbaikan mulai dari hardware, software, prosedur maupun sumber daya manusianya. Manajemen perlu mempertimbangkan untuk melakukan penggantian software SIMRS jika diperlukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EVALUASI SIMRS, PIECES, PERSEPSI PENGGUNA
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:25
Last Modified: 22 Feb 2022 03:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20483

Actions (login required)

View Item
View Item