KOMPETENSI GURU MENURUT IHYᾹ’ ULŪMUDDĪN KARYA AL-GHAZALI

AZMI RIZQIL ULA (2015) KOMPETENSI GURU MENURUT IHYᾹ’ ULŪMUDDĪN KARYA AL-GHAZALI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

*168 Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa masih adanya sebagian guru dalam sebuah lembaga pendidikan pada masa ini mengalami krisis kepribadian. Sehingga menyebabkan meredupnya citra seorang guru dikalangan anak didik dan masyarakat. Seorang guru yang seharusnya bisa mengayomi justru menjadi perusak. Hal tersebut disebabkan kepribadian guru yang tidak mapan berakibat tidak bisanya memberikan pengajaran yang memuaskan. Guru dianggap telah kehilangan identitasnya sebagai pendidik yang memanusiakan manusia. Sehingga tujuan dari penulisan ini adalah: (1) untuk mengetahui kepribadian guru menurut Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin; (2) untuk mengetahui relevansi konsep kepribadian guru menurut Ihya’ Ulumuddin karya Al-Ghazali dengan kompetensi guru UU.No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Penelitian ini termasuk penelitian pustaka kategori kualitatif, dengan sumber data primer Ihya’ Ulumuddin. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun ssekunder, berupa buku-buku atau artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang penelitian. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik suatu kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kompetensi guru dalam undang-undang guru dan dosen adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. (2) konsep kepribadian guru menurut Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin ada 8 antara lain (3) mencari hubungan relevansi antara konsep kepribadian guru menurut Al-Ghazali dengan kompetensi guru dalam UU Nomor 14 tahun 2005.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PAI *168 KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMPETENSI KEPRIBADIAN, KOMPETENSI SOSIAL DAN KOMPETENSI PROFESIONAL
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:32
Last Modified: 22 Feb 2022 03:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20489

Actions (login required)

View Item
View Item