EVALUASI KEMAMPUAN MEMBUAT INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR GURU ISMUBA BERSERTIFIKASI DI MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMIN YOGYAKARTA

MUHAMMAD FARIS PRABOWO (2015) EVALUASI KEMAMPUAN MEMBUAT INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR GURU ISMUBA BERSERTIFIKASI DI MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMIN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)

Abstract

*156 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru ISMUBA
bersertifikasi, kemampuan dalam membuat instrumen penilaian hasil belajar
mata pelajaran ISMUBA, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan
membuat instrumen penilaian guru ISMUBA di Madrasah Tsanawiyah
Mu’allimin Yogyakarta.
Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan subyek penelitian
guru ISMUBA. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan analisis datanya
menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif ini
digunakan untuk menghasilkan data deskripstif berupa wawancara,
dokumentasi dan observasi dari pihak-pihak yang diwawancarai dan diamati.
Hasil penelitian ini adalah kompetensi guru ISMUBA khususnya
kompetensi pedagogik, sosial dan proffesional sudah memiliki nilai baik,
hanya saja perlu meningkatkan kompetensi kepribadian karana masih dalam
nilai yang cukup. Selain kompetensi guru penelitian ini juga menghasilkan
kemampuan guru dalam membuat instrumen penilaian yang masih kurang
khususnya dalam hal tekhnik penulisan soal, karena tingkat kesalahan
mencapai 13,68%. Namun guru-guru ISMUBA memiliki keunggulan dalam
hal mengukur tingkat validitas dan daya beda butir soal, karena mereka sudah
dibekali dengan kemampuan menggunakan aplikasi An Buso Release 4.2
(aplikasi yang digunakan untuk menetahui tingkat validitas, daya beda dan
tingkat kesulitan soal). Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan guru
dalam membuat instrumen penilaian adalah faktor tingkat pendidikan, usia
dan motivasi kerja

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PAI *156 EVALUASI, KEMAMPUAN, GURU BERSERTIFIKASI, ISMUBA, INSTRUMEN PENILAIAN,
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:32
Last Modified: 22 Feb 2022 03:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20491

Actions (login required)

View Item
View Item