Sunarti (2020) NON ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS' VIEW ON ENGLISH ESSAY WRITING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (399kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (367kB)
Bab I.pdf
Download (327kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (503kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (951kB)
Abstract
Menulis esai bahasa Inggris adalah salah satu keterampilan yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan non-Inggris di satu universitas swasta di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi mahasiswa departemen non-Inggris dalam penulisan esai bahasa Inggris termasuk kesulitan dan strategi penulisan esai bahasa Inggris. Peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Pusat Pelatihan Bahasa (LTC) departemen Hubungan Internasional di satu universitas swasta di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah empat siswa; tiga perempuan dan satu siswa laki-laki dari siswa Hubungan Internasional kelas 2018. Peneliti melakukan wawancara dalam mengumpulkan data yang lebih dalam tentang pandangan mahasiswa departemen non-Inggris dalam penulisan esai bahasa Inggris berdasarkan pengalaman peserta. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa menghadapi beberapa kesulitan dalam proses penulisan. Kesulitan menulis esai bahasa Inggris adalah kurangnya tata bahasa dan pengetahuan struktur, pengetahuan kosakata yang terbatas dan kesulitan dalam menentukan topik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan beberapa strategi dalam penulisan esai bahasa Inggris. Mereka menggunakan kamus, berkonsultasi dengan dosen, menyusun, membaca beberapa buku, dan menerjemahkan bahasa pertama dalam bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:24 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/205 |