NON ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS' VIEW ON ENGLISH ESSAY WRITING

Sunarti (2020) NON ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS' VIEW ON ENGLISH ESSAY WRITING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)

Abstract

Menulis esai bahasa Inggris adalah salah satu keterampilan yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan non-Inggris di satu universitas swasta di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi mahasiswa departemen non-Inggris dalam penulisan esai bahasa Inggris termasuk kesulitan dan strategi penulisan esai bahasa Inggris. Peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Pusat Pelatihan Bahasa (LTC) departemen Hubungan Internasional di satu universitas swasta di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah empat siswa; tiga perempuan dan satu siswa laki-laki dari siswa Hubungan Internasional kelas 2018. Peneliti melakukan wawancara dalam mengumpulkan data yang lebih dalam tentang pandangan mahasiswa departemen non-Inggris dalam penulisan esai bahasa Inggris berdasarkan pengalaman peserta. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa menghadapi beberapa kesulitan dalam proses penulisan. Kesulitan menulis esai bahasa Inggris adalah kurangnya tata bahasa dan pengetahuan struktur, pengetahuan kosakata yang terbatas dan kesulitan dalam menentukan topik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan beberapa strategi dalam penulisan esai bahasa Inggris. Mereka menggunakan kamus, berkonsultasi dengan dosen, menyusun, membaca beberapa buku, dan menerjemahkan bahasa pertama dalam bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:24
Last Modified: 22 Oct 2021 01:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item
View Item