PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL GUNA PENINGKATAN AKUNTABILITAS LEMBAGA FILANTROPI ISLAM (STUDI KASUS: BAZNAS D.I.Y DAN LAZISMU KOTA YOGYAKARTA)

RIFAI LESTALUHU (2015) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL GUNA PENINGKATAN AKUNTABILITAS LEMBAGA FILANTROPI ISLAM (STUDI KASUS: BAZNAS D.I.Y DAN LAZISMU KOTA YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Media sosial adalah suatu media komunikasi jaringan yang berfungi menghubungkan seseorang dengan orang lainnya. Dengan terjadinya perkembangan teknologi maka saat ini media social idak hanya digunakan sebagai sarana komunikasi. Seperti halnya BAZNAS DIY dan LAZISMU yang merupakan lembaga filantropi islam, kedua lembaga ini memanfaatkan adanya media social sebagai sarana untuk mempublikasikan segala yang berhubungan dengan rutinitas lembaga. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara serta observasi, dan juga memantau perkembangan konten serta isi dari media social yang dimiliki lembaga. Analisa data menggunakan metode analisis kualitatif, serta tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara lembaga memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan akuntabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah, lembaga telah berhasil dalam meningkatkan akuntabilitasnya melalui dua jenis media sosial yakni facebook dan twitter, serta halaman website yang dimiliki lembaga. Transparansi yang dilakukan adalah dalam bentuk publikasi kegiatan penghimpunan, penyaluran, serta laporan keuangan baik dalam bentuk real time, bulanan, maupun tahunan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MEDIA SOCIAL, FILANTROPI, BAZNAS DIY, LAZISMU KOTA YOGYAKARTA, AKUNTABILITAS
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:18
Last Modified: 24 Feb 2022 03:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20519

Actions (login required)

View Item
View Item