KONSEP TAUHID ILMU PENGETAHUAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MENGHAPUSKAN DIKOTOMI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

MUHAMMAD RAGIL (2015) KONSEP TAUHID ILMU PENGETAHUAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MENGHAPUSKAN DIKOTOMI DALAM PENDIDIKAN ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)

Abstract

*148 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep tauhid ilmu pengetahuan Syed Muhammad Naquib al-Attas dan implementasinya untuk menghapuskan dikotomi dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbasis kepustakaan (library research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitis dan kritik sejarah (metode historis). Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: (1) Tauhid ilmu pengetahuan menurut al-Attas artinya penyatuan berbagai metode dan aspek dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan, seperti religius dengan ilmiah, empiris dengan rasional, deduktif dengan induktif dan subjektif dengan objektif, tanpa adanya pemisahan dan penyekatan antara metode-metode dan aspek-aspek tersebut, atau menjadikan salah satu metode dan aspek lebih dominan dari pada yang lain, (2) Implementasi dari tauhid ilmu pengetahuan dapat dilihat dari dua segi, yaitu Operasionalisasi manhaj Qur`āniy yang meliputi proses pemunculan figur/tokoh/pengajar/guru dan Pemberian materi pelajaran secara bertahap dengan tehnik dari makro (kulliy/grand) ke mikro (juz`iy/middle dan low), dan Aksiologi konsep tauhid ilmu pengetahuan itu sendiri, yang dilakukan dengan cara mencari hubungan di antara ilmu pengetahuan yang berkembang, menetapkan sumber asal dan pemanfaatan semaksimal mungkin bagi kemanusiaan. Kesimpulan yang dihasilkan merupakan jawaban dari pokok permasalahan yang dipaparkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PAI *148 TAUHID ILMU PENGETAHUAN, SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS, DIKOTOMI PENDIDIKAN ISLAM.
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2022 09:56
Last Modified: 21 Feb 2022 09:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20537

Actions (login required)

View Item
View Item