METODE PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM IJTIHAD UMAR BIN KHAṬṬĀB

ZIYADUL MUTTAQIN (2015) METODE PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM IJTIHAD UMAR BIN KHAṬṬĀB. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ijtihad Umar bin Khaṭṭāb yang terkait dengan nilai-nilai pendidikan Islam dan mengungkap metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam ijtihad Umar bin Khaṭṭāb sehingga bisa dijadikan teladan bagi para pendidik sekarang dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada peserta didiknya.
Penelitian ini adalah library research yang mengkaji ijtihad Umar bin Khaṭṭāb dalam tinjauan pendidikan, yaitu bagaimana Umar menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada para sahabat dan rakyatnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sejarah dengan diskriptif-analitis berupa ijtihad Umar bin Khaṭṭāb yang telah dikumpulkan dalam buku fatāwa wa aqḍiyyah amīrul mukminīn Umar bin Khaṭṭāb karya Abdul Azīz al-Ḥalāwi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ijtihad Umar bin Khaṭṭāb ternyata syarat dengan nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya dan metode yang dilakukan oleh Umar dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam cukup beragam. Hasilnya menunjukkan bahwa metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam yang pernah dilakukan oleh Umar adalah metode keteladanan, metode mauidzah hasanah dengan nasehat, ceramah, hiwar dan nasehat, metode refleksi-kontemplasi dengan diskusi dan musyawarah serta metode hukuman dan ganjaran. Dalam metode hukuman dan ganjaran ini, bisa dibedakan ke dalam beberapa hal, yaitu hukuman fisik, hukuman kejiwaan atau psikologis dan hukuman harta. Sementara pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan keteladanan, pengalaman, emosional dan proses pendisiplinan dan penegakan aturan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: *149 METODE, PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM, UMAR BIN KHAṭṭāB, IJTIHAD
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:35
Last Modified: 24 Feb 2022 02:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20554

Actions (login required)

View Item
View Item