PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, EFISIENSI OPERASI DAN RISIKO KREDIT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2014)

ELA APRIYANTI (2015) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, EFISIENSI OPERASI DAN RISIKO KREDIT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2014). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (74kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (25kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.docx

Download (23kB)

Abstract

*379 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Intellectual Capital, Efisiensi Operasi dan Risiko Kredit terhadap Kinerja Perusahaan. Subjek dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2014. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 69 perusahaan perbankan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi berganda dengan program IBM SPSS Versi 21.00. Variabel Independen dalam penelitian ini terdiri dari intellectual capital diukur dengan metode Value Added Intellectual Coefficient (VAIC), efisiensi operasi diukur dengan menggunakan rasio Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO), risiko kredit diukur dengan menggunakan rasio Non Performing Loan (NPL), kinerja pasar diukur dengan metode Tobin’s Q dan kinerja keuangan diukur dengan Return on Asset (ROA). Pengujian kualitas data yang digunakan dalam penelitian ini asalah uji asumsi klasik, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa intellectual capital berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja pasar, intellectual capital tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, efisiensi operasi berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan dan risiko kredit berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *379 INTELLECTUAL CAPITAL (VAIC), EFISIENSI OPERASI (BOPO), RISIKO KREDIT (NPL), KINERJA PASAR (MPERF) DAN KINERJA KEUANGAN (ROA).
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:48
Last Modified: 19 Feb 2022 07:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20740

Actions (login required)

View Item
View Item