ANALISIS PENURUNAN TANAH DASAR PADA STRUKTUR JALAN REL (STUDI KASUS : KM. 117+800, STASIUN KETAPANG - LAMPUNG UTARA)

NURHUDA AGUNG PAMBUDI (2015) ANALISIS PENURUNAN TANAH DASAR PADA STRUKTUR JALAN REL (STUDI KASUS : KM. 117+800, STASIUN KETAPANG - LAMPUNG UTARA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (288kB)

Abstract

dilalui jalur kereta api. Angkutan kereta api yang sering melewati jalur
perlintasannya adalah angkutan kereta api Babaranjang (Batubara rangkaian
panjang). Kereta api Babaranjang mengangkut batubara dengan jumlah rangkaian
kurang lebih sebanyak 60 gerbong. Dari pengamatan yang dilakukan oleh petugas
PT.KAI Stasiun Ketapang, KM 117+800 merupakan salah satu badan rel yang
mengalami kerusakan cukup parah. Ada banyak faktor yang menyebabkan badan
jalan rel menjadi rusak, diantaranya adalah dibangun di atas tanah dasar yang
lunak dan pengerjaan konstruksi yang dilakukan tidak sesuai prosedur. Pada
umumnya tanah di daerah Lampung merupakan tanah residu yang memiliki
mineral lempung. Pembangunan lapisan tanah dasar (subgrade) harus mengikuti
persyaratan teknis, salah satunya adalah analisis penurunan tanah agar jalan rel
memiliki usia konstruksi yang panjang. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan
secara empiris yang pengujiannya dilakukan di Laboratorium Geoteknik, Jurusan
Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tujuan
dari penelitian ini yaitu menghitung besar beban yang diterima tanah dasar
(subgrade) serta menghitung besar tegangan vertikal, penurunan segera dan
penurunan konsolidasi primer pada tanah dasar (subgrade).
Dari penelitian ini diperoleh beban yang diterima oleh tanah dasar sebesar
1,33 kg/cm2, tegangan vertikal maksimum sebesar 0,179 kg/cm2, penurunan
segera maksimum 0,253 cm dan penurunan total konsolidasi primer sebesar
0,7885 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *238 JALAN REL, KERETA API, SUBGRADE, TEGANGAN VERTIKAL, PENURUNAN.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:20
Last Modified: 03 Jan 2022 06:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20839

Actions (login required)

View Item
View Item