GIEBRAN RAMADHAN DJOKDJA (2015) AUDIT KESELAMATAN JALAN (STUDI KASUS JALAN WATES KM.5 –8 AMBARKETAWANG, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (82kB)
Halaman Judul.pdf
Download (13kB)
Abstract.pdf
Download (161kB)
Bab I.pdf
Download (88kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (314kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (740kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (77kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (533kB)
Abstract
Jalan Wates merupakan jalan kolektor dalam sistem jaringan primer dalam ibu kota provinsi dengan ibu kota kabupaten. Karena seringnya terjadi kecelakaan pada ruas jalan ini, maka perlu dilakukan penelitian terhadap penyebab kecelakaan lalu lintas. Audit keselamatan jalan perlu dilakukan untuk mengidentifikasi situasi yang beresiko tinggi atau potensi terjadinya kecelakaan. Dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas, maka salah satu cara untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut adalah dengan Audit Keselamatan Jalan (Road Safety Audit/ RSA).. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi karekteristik kecelakaan, mengevaluasi keadaan geometrik jalan serta Mengaudit keselamatan jalan untuk pengguna ruas Jalan Wates Km 5-8 Pengambilan data melalui pengamatan langsung di lapangan berupa Fasilitas lalu lintas, spot speed,cheklist audit keselamatan jalan, data geometrik jalan Pengambilan data sekunder diambil dari pos Polantas Pelemgurih Polsek Gamping Polres Sleman, Yogyakarta. Dari hasil pengamatan data yang diperoleh ruas jalan Wates Km 5-8 memiliki potensi kecelakaan yang cukup tinggi, Faktor lingkungan dan kelalaian manusia sebagai pengguna jalan itu sendiri sehingga mengacuh pada kecelakaan yaitu tabrakan akibat menyalip, hal ini disebabkan karena para pengemudi yang kurang sabar atau sedang terburu-buru dan menyalip kendaraan yang di depan tanpa memperhatikan keadaan sekitar sehingga terjadilah kecelakaan lalu lintas. Tabrakan akibat kurangnya penerangan, jarak pandang yang tak begitu bagus pada malam hari dan kurangnya penerangan jalan ataupun kendaraan itu sendiri mengakibatkan kecelakaan. Tabrakan pada perempatan jalan Wates, hal ini disebabkan oleh kurangnya marka atau rambu-rambu pada ruas jalan tersebut seperti, tidak ada lampu kedap-kedip sebagai peringatan, pembatas kecepatan, rambu berhenti maupun beri kesempatan jalan minor sebelum memasuki jalan mayor, dan marka atau rambu-rambu lalu lintas lainnya demi mencegah kecelakaan pada perempatan jalan Wates
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *237 AUDIT KESELAMATAN JALAN |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 06:00 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 06:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21011 |