KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH MODIFIKASI KATUP TERHADAP KINERJA MESIN BENSIN 4- LANGKAH 130 CC

NOVA SETIYAWAN (2015) KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH MODIFIKASI KATUP TERHADAP KINERJA MESIN BENSIN 4- LANGKAH 130 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada mesin 4-langkah, kerja dan fungsi mekanisme katup adalah mengatur masuknya campuran bahan bakar dengan udara dan mengatur keluarnya gas sisa pembakaran. Tujuan modifikasi katup adalah supaya memperlancar aliran gas bahan bakar dan meningkat performa mesin. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan membandingkan kinerja mesin motor standar 4-langkah dan setelah dilakukan modifikasi katup dalam pengujian daya (P), torsi (T) dan konsumsi bahan bakar.
Metode penelitian ini menggunakan motor standar 4-langkah dan motor racing 130 cc dengan variasi katup standar dan katup racing. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah torsi, daya dan mf antara kondisi standar, semi racing dan full racing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan perubahan volume silinder serta penggantian komponen katup yang sudah di modifikasi dapat meningkatkan performance mesin yang signifikan. Pada kondisi mesin full racing (katup racing) torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi mesin semi racing (katup standar) dan kondisi standar. Pada kondisi mesin full racing (katup racing) konsumsi bahan bakar (mf) juga lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi mesin semi racing (katup standar) dan kondisi standar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: 218 MESIN BENSIN, FULL RACING, SEMI RACING, STANDAR, KATUP, MODIFIKASI KATUP
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2022 03:24
Last Modified: 19 Feb 2022 03:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21035

Actions (login required)

View Item
View Item