KAJIAN ASOSIASI RHIZOBACTERI INDIGENOUS MERAPI – MIKORIZA DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI SEGRENG DI TANAH REGOSOL

AGUS ARIANTO (2016) KAJIAN ASOSIASI RHIZOBACTERI INDIGENOUS MERAPI – MIKORIZA DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI SEGRENG DI TANAH REGOSOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saling pengaruh antara frekuensi penyiraman dengan inokulum Rhizobacteri indigenous vulkanik Merapi dan Mikoriza Vesikular Arbuskular pada pertumbuhan dan hasil tanaman padi, menentukan tingkat ketahanan padi Segreng Handayani terhadap kondisi cekaman kekeringan yang diinokulasikan Rhizobacteri indigenous vulkanik Merapi dan Mikoriza Vesikular Arbuskular serta menentukan inokulan terbaik antara Rhizobacteri indigenous vulkanik Merapi dan Mikoriza Vesikular Arbuskular terbaik untuk diaplikasikan sebagai pupuk hayati pada tanaman padi Segreng Handayani. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Agrobioteknologi dan lahan percobaan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada bulan Juni sampai September 2015.
Penelitian disusun dalam rancangan acak lengkap faktorial dengan faktor pertama adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu setiap 3 hari sekali; 6 hari sekali; dan 9 hari sekali. Faktor kedua adalah macam inokulum yang terdiri dari 3 aras yaitu inokulum Rhizobacteri indigenous Merapi MB+MD; inokulum campuran Rhizobacteri indigenous Merapi MB+MD dengan mikoriza; dan inokulum mikoriza, sehingga diperoleh 9 kombinasi perlakuan yang masing-masing diulang sebanyak 3 kali. Dengan demikian diperoleh 27 unit perlakuan. Setiap unit perlakuan terdapat 3 tanaman sampel 3 tanaman tanaman korban dan 1 tanaman cadangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada saling pengaruh antara frekuensi penyiraman dengan macam inokulum terhadap seluruh parameter pertumbuhan dan hasil padi Segreng Handayani. Hasil gabah (ton/ha) nyata lebih tinggi pada penyiraman tiga hari sekali (4,71 ton/ha) dibandingkan dengan penyiraman enam hari sekali (2,77 ton/ha) dan sembilan hari sekali (2,05 ton/ha). Inokulum Rhizobacteri indigenous Merapi MB+MD memiliki hasil gabah cenderung lebih tinggi (3,32 ton/ha) dibandingkan dengan inokulum campuran Rhizobacteri indigenous Merapi MB+MD dengan mikoriza (2,92 ton/ha) maupun inokulum tunggal mikoriza (3,28 ton/ha).
Kata kunci: Padi Segreng Handayani, Frekuensi Penyiraman, Rhizobacteri indigenous Merapi, mikoriza

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *78 PADI SEGRENG HANDAYANI, FREKUENSI PENYIRAMAN, RHIZOBACTERI INDIGENOUS MERAPI, MIKORIZA
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:58
Last Modified: 18 Feb 2022 08:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21210

Actions (login required)

View Item
View Item