SUSILO BAMBANG YUDHOYONO VS AMIEN RAIS DALAM BINGKAI MEDIA (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOMPAS DAN REPUBLIKA TENTANG DANA DKP PADA TANGGAL 26 MEI 2007)

RASMINTO (2008) SUSILO BAMBANG YUDHOYONO VS AMIEN RAIS DALAM BINGKAI MEDIA (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOMPAS DAN REPUBLIKA TENTANG DANA DKP PADA TANGGAL 26 MEI 2007). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha menganalisa frame pemberitaan mengenai perseteruan antara Susilo Bambang Yudhoyono Versus Amien Rais mengenai aliran dana Departemen Kelantan dan Perikanan(DKP) di surat kabar Kompas dan Republika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana SKH Kompas dan SKH Republika membingkai (frame) peristiwa perseteruan Susilo Bambang Yudhoyono Versus Amien Rais tentang aliran dana Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP). Dalam menganalisa penelitian tersebut peneliti menggunakan analisis Framing sebagai Kerangka Teori. Metode penelitian menggunakan pendekatan framing dengan model Pan & Kosicki yaitu dengan melihat demon penting dalam perangkat framing yaitu : Sintaksis, Skrip, Tematik dan Retorts dalam pemberitaan kedua media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan frame pemberitaan antara Kompas dan Republika dalam menulis pemberitaan mengenai perseteruan Susilo Bambang Yudhoyono VS Amien Rais mengenai aliran dana Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP). Republika menganggap bahwa apa yang telah dilakukan oleh Amien Rais yang membeberkan bahwa dirinya dan talon Presiden dan wakil Presiden lain dalam pilpres 2004 menerima aliran dana Departemen Kelautan dan Perikanan adalah wujud kejujuran dan keksatriaan Amien Rais, sehingga Amien Rais patut dianggap sebagai pahlawan dalam pengungkapan aliran dana Depertemen Kelautan dan Perikanan. Sedangkan frame Kompas Amien Rais adalah biang kerok atas kekisruhan politik yang sedang terjadi dalam masalah aliran dana Departemen Kelantan dan Perikanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BINGKAI MEDIA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:36
Last Modified: 17 Feb 2022 06:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21315

Actions (login required)

View Item
View Item