EVLUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU TINGKAT SDLB PUSPA MELATI

Anas Hanif Muqodas (2020) EVLUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU TINGKAT SDLB PUSPA MELATI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan menganalisis pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI), (2) Mengkaji bentuk penyesuaian pembelajaran
PAI, (3) Mengkaji proses pembelajaran PAI, (4) Mengidentifikasi hasil
pembelajaran PAI pada anak tunarungu tingkat SDLB di SLB Puspa Melati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif melalui model CIPP
(Contenxt, Input, Process, Product) dengan menggunakan pendekatan kualitatif
dengan model deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SLB Puspa Melati yang
beralamatkan Pudak, Tepus, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Subjek penelitian
ini adalah guru Pendidikan Agama Islam jurusan tunarungu tingkat SDLB dan
Kepala Sekolah SLB Puspa Melati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif, menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Untuk keabsahan data di uji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian (1) kurikulum 2013 disesuaikan dari hasil observasi guru
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dimana disesuaikan dari kebutuhan dan
kemampuaan siswa tunarungu. (2) merubah dari kurikulum 2013 dilihat dari
masing – masing siswa tunarungu, serta diubah metode penyampaiannya yang
dapat dipahami oleh siswa tunarungu. (3) untuk proses pembelajaran dilihat dari
segi proses belajar mengajar menggunakan kurikulum 2013 yang disesuaikan siswa
tunarungu. Metode penyampaian dengan metode demonstrasi dan “Learning by
Doing”. (4) Dari hasil penelitian proses pembelajaran sudah cukup berhasil, namun
program yang dibuat harus dikoordinasikan lagi antara guru mata pelajaran dengan
guru kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:24
Last Modified: 03 Nov 2021 02:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item
View Item