PERAN BADAN PENANGGULANAGAN BENCANA DAERAH ( BPBD ) KABUPATEN SLEMAN DALAM MITIGASI BENCANA TAHUN 2013-2014

ERWIN FEBRYANSYAH (2015) PERAN BADAN PENANGGULANAGAN BENCANA DAERAH ( BPBD ) KABUPATEN SLEMAN DALAM MITIGASI BENCANA TAHUN 2013-2014. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

mengingat kondisi alam dan georafis Indonesia yang sangat rentang terhadap bencana. Indonesia memiliki wilayah yang luas dan terletak di garis khatulistiwa pada posisi silang antara dua benua dan dua samudera, berada di wilayah yang memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang rawan terhadap yang rawan terhadap terjadinya bencana dengan frekuensi yang cukup tinggi, tak terkecuali wilayah Kabupaten Sleman yang memiliki pontensi bencana alam, seperti: Tanah longsor, Puting beliung, Kekeringan, Kebakaran, Erupsi gunung Merapi dan lahar panas.
Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman telah membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang seiring dengan kebijakan Pemerintah Pusat sebagai salah satu badan pemerintah yang secara khusus bertugas di seksi mitigasi bencana. Mitigasi bencana di bagi dua yaitu : Mitigasi bencana struktural dan Mitigasi nonstruktural. Untuk penelitian ini mengunakan mitigasi bencana nonstruktural meliputi pengurangan kemungkinan atau konsekuensi resiko melalui modifikasi proses-proses prilaku manusia atau alam. Tanpa membutuhkan penggunaan struktur yang dirancang. Teknik ini dianggap sebagai cara menyusaikan diri dengan alam. Didalam teknik ini terdapat langkah-langkah regulasi, program pendidikan, dan kesadaran masyarakat, modifikasi fisik nonstruktural, modifikasi prilaku, serta pengadalian lingkungan
Penelitian ini berjudul “Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman dalam Mitigasi Bencana Tahun 2013-2014”. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Peran apa saja yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Sleman dalam mitigasi bencana tahun 2013-2014?; 2) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi Peran BPBD Kabupaten Sleman dalam mitigasi bencana tahun 2013-2014?. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Kabupaten Sleman, khususnya di lembaga terkait yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Sleman, DIY. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini akan dianalisis secara kualitatif.
Saran Sebaiknya BPBD Kabupaten Sleman dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat, menfungsikan lembaga masyarakat juga memanfaatkan organisasi yang terlibat di kegiatan sosial serta organisasi yang berkegiatan dialam maupun lingkungan agar sosialisasi yang dilakukan lebih efektif.
Kata Kunci: Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Mitigasi Bencana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *489 PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD), MITIGASI BENCANA.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:03
Last Modified: 16 Feb 2022 03:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item
View Item