DEDI YUDA IRAWAN (2015) KINERJA PELAYANAN KESEHATAN (STUDI KASUS PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT 2011-2014). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (377kB)
Bab I.pdf
Download (272kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Abstract
Kabupaten Tulang Bawang Barat merupakan Kabupaten Baru yang lahir pada tanggal 29 oktober 2008, Dengan luas wilayah dan besar nya jumlah penduduk tentulah banyak permasalahan yang tejadi di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Tulang Bawang Barat sedang dalam masa pembanguanan, Belum adanya rumah sakit menjadi Faktor yang sangat mempengaruhi Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Pelayan kesehatan juga menjadi salah satu faktor penting keberhasilan dari program pokok pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, di mana di Kabupaten Tulang Bawang sendiri masih sangat kurang atau dari standar kesehatan atau masih dalam proses pembangun. Untuk itu Peneliti melakuakan penelitian untuk mengetahui Kinerja pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat
Penelitian ini dilakukan Di Dinas Kesehatan Tulang Bawang Barat serta Puskesmas Mulya asri dan Panaragan Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan data berupa kata – kata, yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, maupun dokumen lainnya. Teknik – teknik pengumpulan data yang digunakan seperti interview yaitu memberikan secara langsung kepada informan dan nara sumber dalam rangka mencari data tentang kinerja pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan, dokumentasi yaitu mengutip atau meneliti dokumen atau bahan yang tertulis lainnya yang berakaitan dengan kinerja pelayanan kesehatan. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif, dimana data yang diperoleh di klasifikasikan, digambarkan dengan kata – kata atau kalimat menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Analisis Kineja Pelayanan kesehatan ini dilihat dari pencapaian program dengan mengacu pada SPM yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2014 terlihat bahwa Program tersebut berjalan dengan baik sesuai target,namun ada beberapa progam yang belum mencapai target SPM , hal ini terlihat dari 5 aspek yaitu Produktifitas, Kualitas Pelayanan, responsivitas,Responbilitas dan akuntabilitas . Semuanya Telah mencapai standar Pelayanan Kesehatan, Program Rujukan Online lah yang menjadi Priorias Dinas kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat, Program tersebut berjalan cukup baik namun masih ada beberapa aspek yang kurang memuaskan dan masih perlu di perbaiki faktor yang menghambat dari Program tesebut ialah sedang dibangun nya rumah sakit,di Kabupaten Tulang Bawang Barat sehingga pasien harus di rujuk keluar Kabupaten, kurang nya sosialisai kepada masyarakat tentang system rujukan online (P-care), Pasien merasa di persulit dengan tidak bisa menentukan rrumah sakit sendiri , sering tejadi pemadaman listrik . Dari kelima aspek tersebut dari tiap-tiap aspek nya saat ini bejalan dengan cukup baik,serta program-program yang telah mencapi SPM berjalan dengan baik hanya saja masih harus di tingkatkan lagi kinerja pelayanan kesehatan agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat Khusus nya
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KINERJA PELAYANAN KESEHATAN (STUDI KASUS PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT 2011-2014) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 07:20 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 07:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21729 |