HUBUNGAN KEBERASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK TK 4-5 TAHUN DENGAN RIWAYAT ASI EKSLUSIF DAN ASI NON-EKSKLUSIF DI KABUPATEN SLEMAN

NURLITA HADIANI (2015) HUBUNGAN KEBERASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK TK 4-5 TAHUN DENGAN RIWAYAT ASI EKSLUSIF DAN ASI NON-EKSKLUSIF DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.rar
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

*548 Latar belakang : Kebiasaan enuresis dan enkopresis merupakan kondisi yang sering terjadi pada anak usia prasekolah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan toilet training. Toilet training dapat dilakukan oleh sebagian besar anak secara mandiri pada akhir periode prasekolah. ASI diduga memiliki hubungan terhadap keberhasilan toilet training. ASI ekslusif memiliki efek yang dapat mendukung segala kesiapan anak dalam mencapai keberhasilan toilet training yaitu kesiapan anak dalam hal neurofisiologi, fisik, psikologi dan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keberhasilan toilet training dengan riwayat ASI ekslusif dan ASI non ekslusif di Kabupaten Sleman.
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, kemudian data dianalisis menggunakan uji chi square dengan komputerisasi. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 107 anak yang berusia 4 – 5 tahun.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keberhasilan toilet training dengan riwayat ASI (p = 0.000). Nilai PR pada penelitian ini dalah 5.4 dengan CI 95%.
Kesimpulan : Anak yang memiliki riwayat ASI non ekslusif cenderung meningkatkan resiko kegagalan toilet training pada anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *548 ANAK USIA PRASEKOLAH, TOILET TRAINING, MENGOMPOL, ENURESIS, ENCOPRESIS, ASI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2022 08:18
Last Modified: 14 Feb 2022 08:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/22022

Actions (login required)

View Item
View Item