IKA ASTUTI (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (119kB)
Halaman Judul.pdf
Download (144kB)
Lembar Pengesahan.jpg
Download (561kB) | Preview
Abstract.pdf
Download (85kB)
Bab I.pdf
Download (230kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (123kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mengkaji model cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research-CAR) yang terdiri dari III siklus. I siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas IX A, dengan jumlah siswa dan siswi 34. Terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Sedangkan analisis kuantitatif untuk data berupa observasi dan tes.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh. Peningkatan motivasi tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase rata-rata siklus I, II dan III. Terbukti dari perolehan persentase motivasi belajar siswa pada prasiklus sebesar 28% (kategori rendah). Siklus I sebesar 50,5% (kategori sedang). Siklus II naik menjadi 69% (kategori tinggi). Siklus III naik menjadi 82,5% (kategori sangat tinggi). Sedangkan prestasi belajar siklus I sebesar 86,2% (kategori sangat tinggi). Siklus II persentase menjadi 74% (kategori tinggi). Pada siklus III penerapan cooperative learning tipe STAD ditingkatkan kembali sehingga persentase yang diperoleh naik menjadi 98,1% (kategori sangat tinggi).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *6 MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR, STAD DAN PTK |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 07:13 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 07:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/22031 |