PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL

IKA ASTUTI (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.jpg

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mengkaji model cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research-CAR) yang terdiri dari III siklus. I siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas IX A, dengan jumlah siswa dan siswi 34. Terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Sedangkan analisis kuantitatif untuk data berupa observasi dan tes.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh. Peningkatan motivasi tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase rata-rata siklus I, II dan III. Terbukti dari perolehan persentase motivasi belajar siswa pada prasiklus sebesar 28% (kategori rendah). Siklus I sebesar 50,5% (kategori sedang). Siklus II naik menjadi 69% (kategori tinggi). Siklus III naik menjadi 82,5% (kategori sangat tinggi). Sedangkan prestasi belajar siklus I sebesar 86,2% (kategori sangat tinggi). Siklus II persentase menjadi 74% (kategori tinggi). Pada siklus III penerapan cooperative learning tipe STAD ditingkatkan kembali sehingga persentase yang diperoleh naik menjadi 98,1% (kategori sangat tinggi).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *6 MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR, STAD DAN PTK
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:13
Last Modified: 04 Jan 2022 07:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/22031

Actions (login required)

View Item
View Item