IRON TEGUH PRATAMA (2016) KAJIAN TENTANG PENGGUNAAN BAHAN BAKAR GAS LPG DAN PERTAMAX TERHADAP KINERJA DAN EMISI GAS BUANG PADA MOTOR EMPAT LANGKAH 125 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (495kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (759kB)
Bab I.pdf
Download (213kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (751kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (535kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (738kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (358kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (789kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (726kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (560kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (625kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (675kB)
Abstract
Populasi kendaraan di Indonesia yang berbahan bakar minyak (BBM) setiap tahunnya semakin meningkat sedangkan untuk cadangan minyak sendiri semakin menipis. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan sebagai pengganti BBM untuk kendaraan, salah satu bahan bakar alternatif tersebut adalah bahan bakar gas (BBG). Teknologi bahan bakar Gas (BBG) untuk kendaraan bermotor telah lama diterapkan. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan bakar gas LPG terhadap unjuk kerja motor 4 langkah 125 cc perlu dilakukan penelitian yang akurat.
Untuk dapat menggunakan Bahan Bakar Gas LPG tersebut perlu dipasang peralatan tambahan yang disebut alat konversi ‘‘Conversion kit’’. Pengujian dilakukan dengan menggunakan sepeda motor 4 langkah Supra X 125 cc. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bahan bakar Pertamax dan bahan bakar gas LPG. Pengujian ini untuk mencari unjuk kerja mesin 4 langkah meliputi Torsi (N.m), Daya (kW), Tekanan Rata-rata (kPa) BMEP dan konsumsi bahan bakar uji tetap dan uji jalan pada bahan bakar Pertamax dan bahan Gas LPG serta membandingkan unjuk kerja kondisi tersebut diatas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Torsi (N.m), Daya (kW), dan tekanan Rata-rata (kPa) BMEP yang tertinggi didapat pada jenis bahan bakar Pertamax pada saat putaran rendah, tetapi pada jenis bahan bakar Gas LPG putaran tinggi nilai Torsi (N.m), Daya (kW) dan Tekanan Rata-rata (kPa) BMEP.
Kata kunci: Kit Konversi, Bahan Bakar Pertamax, dan Bahan Bakar Gas LPG.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KIT KONVERSI, BAHAN BAKAR PERTAMAX, DAN BAHAN BAKAR GAS LPG. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 09:28 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 09:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/22794 |