Alief Yoga Dhiyaul Haq (2020) PERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH SEBAGAI WADAH KADERISASI MUHAMMADIYAH DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta). S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Bab I.pdf
Download (176kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (589kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah ranting SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (IPM Muhi) sebagai wadah kaderisasi Muhammadiyah di sekolah serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan perannya tersebut. Penilitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah berperan sebagai wadah kaderisasi Muhammadiyah di sekolah. Hal tersebut terwujud dalam kegiatan perkaderan formal dan perkaderan non-formal. Kegiatan tersebut diarahkan kepada 4 tema pokok konsentrasi yaitu; 1) Teman Sebaya, 2) Ekologi, 3) Literasi, dan 4) Enterpreneur.
Faktor pendukung 1) Pihak sekolah memberikan dukungan berupa kebijakan dan pengkondisian pendidik dan tenaga pendidik agar turut serta mendukung program perkaderan di sekolah. 2) Pihak sekolah turut mendukung penuh dalam pendanaan kegiatan IPM Muhi. Faktor penghambat 1) kesadaran akan partisipasi aktif oleh siswa yang rendah dalam program kegiatan, 2) perbedaan pemahaman antara pihak sekolah dan pengurus IPM Muhi, 3) pengurus IPM Muhi yang secara psikologis belum sepenuhnya memahami tanggungjawabnya dalam menjadi pengurus.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 02:31 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 06:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2328 |