REPRESENTASI IDENTITAS GENERASI MILENIAL MELALUI HUMOR DALAM BENTUK ANIMASI DI MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIK VISUAL ANIMASI DI INSTAGRAM TAHILALATS, KOMIK.ZERO DAN KOMIK GRONTOL)

Nur Aliffiana (2020) REPRESENTASI IDENTITAS GENERASI MILENIAL MELALUI HUMOR DALAM BENTUK ANIMASI DI MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIK VISUAL ANIMASI DI INSTAGRAM TAHILALATS, KOMIK.ZERO DAN KOMIK GRONTOL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Humor menjadi sebuah fenomena yang berkembang sejak dahulu hingga saat ini, bahan dari humor bisa saja dari berbagai aspek yang ada dikehidupan sehari-hari, dan berbagai kreatifitas anak bangsa. Kemudian kreasi visual yang bernuansa humor bermunculan, salah satu kreasi visual yang berkembang saat ini yatu animasi dalam bentuk yang beredar dalam media sosial instagram. Pengguna internet di Indonesia hampir setengah dari persentasenya merupakan warga berusia 19-34 tahun, dimana pada usia tersebut dapat dikatakan bahwa mereka termasuk dalam generasi milenial. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menganalisis beberapa komik animasi dari instagram akun Tahilalats, Komik.zero, dan komik grontol. Menggunakan analisis semiotic peta tanda Roland Barthes untuk mendapatkan makna denotatif, konotatif, dan mitos, serta analisis mengenai teknik membangun humor milik Arthur Berger untuk mengidentifikasi identitas generasi milenial seperti apa yang terepresentasikan dalam sebuah animasi komik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identitas generasi milenial banyak terepresentasikan melalui animasi yang bermuatan humor sebagai sentuhan yang melengkapi makna dan cara merepresentasikannya. Temuan mengungkapkan generasi milenial memiliki karakteristik generasi yang memiliki koneksi yang luas, merupakan generasi yang membawa perubahan, memiliki banyak perbedaan dengan generasi sebelumnya dan berani memberikan pendapat. Generasi ini memiliki identitas yang ingin serba cepat, instan dan memiliki banyak informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:17
Last Modified: 21 Oct 2021 03:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item
View Item