PEMELIHARAAN AIR MENURUT AL-QUR’ĀN DAN HADIS: IMPLIKASI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

KHAIRUL ABDULLAH BIN KAMAL (2016) PEMELIHARAAN AIR MENURUT AL-QUR’ĀN DAN HADIS: IMPLIKASI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

*10 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan akan pentingnya pemeliharaan air dalam Islam. Kebutuhan air yang sangat mendesak memerlukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah bangsa tentang keterbatasan air. Materi mengenai pemeliharan air secara khusus perlu diberikan kepada siswa agar kesadaran terhadap pentingnya pemeliharaan air benar-benar dimengerti dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Penelitian ini menggunakan library research (studi pustaka), yaitu penelitian berbasis kepustakaan yang berdasarkan sumber-sumber data dari berbagai bahan kepustakaan dan literatur dari bentuk buku atau bentuk lain seperti kitab-kitab tafsir dan syarah Hadis, karya ilmiah dan buku-buku yang relevan dengan penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Yaitu penelitian yang menghasilkan informasi berupa catatan dan data deskriptif yang terdapat di dalam teks yang diteliti. Penelitian ini menggunakan dua sumber yaitu primer dan sekunder. Sumber primer adalah al-Qur’ān dan kutub as-Sittah. Sedangkan sumber sekunder berupa tafsir-tafsir al-Qur’ān dan syarah-syarah hadis dengan metode tematik (mauḍū’ī), serta beberapa referensi yang lain.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah, ayat-ayat al-Qur’ān lebih banyak menyebut tentang nilai air, dimulai dari penciptaan manusia hingga kepada kebutuhan makhluk yang hidup di muka bumi baik untuk konsumsi, transportasi, ekonomi dan sebagainya. Sedangkan Hadis-Hadis Nabi menunjukkan tentang kasus-kasus nyata yang dihadapi oleh manusia pada zaman itu dan elaborasi terhadap ayat-ayat al-Qur’ān. Implikasi dan Implementasi konsep Islam tentang pemeliharaan air sejalan dengan fungsi dan tujuan Pendidikan Agama Islam di Indonesia demi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertakwa, dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya, yaitu kitab suci al-Qur’ān dan Hadis. Hasilnya, peserta didik dapat memberikan contoh sikap hemat terhadap air, menjaga sumber air dan lingkungannya kepada teman sekelas, keluarganya dan masyarakatnya.
Kata kunci : Pemeliharaan air, al-Qur’ān dan Hadis, implikasi dan implementasi, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *10 PEMELIHARAAN AIR, AL-QUR’āN DAN HADIS, IMPLIKASI DAN IMPLEMENTASI, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2022 08:57
Last Modified: 08 Feb 2022 08:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/23439

Actions (login required)

View Item
View Item