DINDA FARDILA (2016) MODEL STRATEGI HARGA PENAWARAN UNTUK PROYEK KONSTRUKSI DI INDONESIA STUDI KASUS : LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK (LPSE), PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (38kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (11kB)
Abstract.pdf
Download (86kB)
Abstract.pdf
Download (91kB)
Bab I.pdf
Download (108kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (516kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (826kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (773kB)
Abstract
Strategi penawaran bagi suatu perusahaan sangatlah bergantung pada tujuan perusahaan, diantaranya adalah dengan memaksimumkan keuntungan. Permasalahan utama kontraktor dalam mengajukan penawaran adalah menetapkan harga penawaran. Apabila mengajukan harga penawaran terlalu tinggi dengan harapan mendapatkan keuntungan yang besar akan menyebabkan peluang untuk memenangkan tender menjadi sangat kecil. Sebaliknya apabila mengajukan harga penawaran sangat rendah dengan harapan memiliki peluang yang besar untuk memenangkan tender, akan menyebabkan keuntungan yang besar menjadi sangat sulit untuk diperoleh.Tujuan dari penelitian ini untuk menghitung nilai mark up menggunakan pendekatan strategi penawaran dan untuk mengetahui strategi harga penawaran terbaik untuk memenangkan suatu tender dengan nilai mark up optimum dan keuntungan optimum.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pelelangan yang sudah selesai dari tahun 2013-2015 di LPSE Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan menggunakan pendekatan statistik, yaitu muti distribusi discrete, multi distribusi normal dan single distribusi normal. Model strategi penawaran yang digunakan yaitu Friedman Method, Gates Method dan Ackoff & Sasieni Method.
Model Friedman menghasilkan mark up optimum sebesar -18 % untuk multi distribusi discrete dengan keuntungan yang diharapkan sebesar -0,0570 %, -26 % untuk multi distribusi normal dengan keuntungan yang diharapkan sebesar 0.0000 % dan -26 % untuk single distribusi normal dengan keuntungan yang diharapkan 0,0000 %. Dengan menggunakan model gates menghasilkan mark up optimum sebesar -2 % untuk multi distribusi discrete dengan keuntungan yang diharapkan -0,0267 %, 12 % untuk multi distribusi normal dengan keuntungan yang diharapkan 12 % dan 12 % untuk single distribusi normal dengan keuntungan yang diharapkan sebesar 11,7804 %. Dengan menggunakan model ackoff & sasieni menghasilkan mark up optimum sebesar -12 % untuk multi distribusi discrete dengan keuntungan yang diharapkan -3.0000 %, -2% untuk multi dan single distribusi normal dengan keuntungan yang diharapkan sebesar -1,9992 %. Strategi harga penawaran terbaik untuk memenangkan suatu pelelangan adalah model yang menghasilkan mark up optimum paling rendah yaitu model Friedman dengan multi distribusi discrete.
Kata Kunci : Strategi penawaran, mark up, probabilitas menang, keuntungan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PENAWARAN, MARK UP, PROBABILITAS MENANG, KEUNTUNGAN YANG DIHARAPKAN. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 08:41 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 08:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/23464 |