STRATEGI KREATIF EVENT FESTIVAL KEBUDAYAAN YOGYAKARTA 2019 DALAM MENGINFORMASIKAN OBJEK KEBUDAYAAN KEPADA MASYARAKAT YOGYAKARTA

Zunan Fakhrurrozi (2020) STRATEGI KREATIF EVENT FESTIVAL KEBUDAYAAN YOGYAKARTA 2019 DALAM MENGINFORMASIKAN OBJEK KEBUDAYAAN KEPADA MASYARAKAT YOGYAKARTA. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang strategi kreatif event Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 dalam menginformasikan kebudayaan kepada masyarakat Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang strategi kreatif event Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 dalam menyampaikan informasi tentang kebudayaan kepada masyarakat Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana data yang di kumpulkan berupa gambar atau dokumen yang saling berkaitan. Adapun langkah-langkah untuk pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik wawancara yang mendalam, dokumentasi dan literatur yang relevan. Wawancara dilakukan dengan mewawancarai Paksi Raras Alit (Ketua Umum FKY 2019), Andreas Praditya (Produser Pelaksana), dan Amelberga Astri P. (Manajer Komunikasi). Kemudian peneliti mengumpulkan data dengan cara melakukan riset lapangan agar mendapatkan data yang dibutuhkan. Data yang terkumpul kemudian diuji dengan proses triangulasi data.
Strategi event FKY 2019 adalah dengan menjadikan event sebagai media penyampaian pesan. Penyelenggara juga bekerja sama dengan kurator dalam memilih acara yang akan mengisi FKY 2019. Strategi kreatif event Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 adalah menentukan konsep event dari ide awal yaitu 7 Objek Pemajuan Kebudayaan menjadi sebuah konsep acara, dan artistik venue. Melalui proses umum untuk menentukan sifat event, tujuan event, keuntungan event, lalu melalui saringan pemasaran untuk menentukan target pengunjung, media publikasi, saringan operasional untuk menentukan tanggal, lokasi event, teknologi yang akan digunakan, dan juga sumber daya manusia yang diperlukan, saringan keuangan digunakan agar pelaksanaan event tidak melebihi anggaran yang telah disepakati. Semua proses diatas menghasilkan segala aspek pelaksanaan event FKY 2019, dari program acara, artistik lokasi, maupun hubungan dengan masyarakat sekitar lokasi.

Item Type: Thesis (S3)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:04
Last Modified: 04 Nov 2021 03:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2393

Actions (login required)

View Item
View Item