Zunan Fakhrurrozi (2020) STRATEGI KREATIF EVENT FESTIVAL KEBUDAYAAN YOGYAKARTA 2019 DALAM MENGINFORMASIKAN OBJEK KEBUDAYAAN KEPADA MASYARAKAT YOGYAKARTA. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini akan membahas tentang strategi kreatif event Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 dalam menginformasikan kebudayaan kepada masyarakat Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang strategi kreatif event Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 dalam menyampaikan informasi tentang kebudayaan kepada masyarakat Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana data yang di kumpulkan berupa gambar atau dokumen yang saling berkaitan. Adapun langkah-langkah untuk pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik wawancara yang mendalam, dokumentasi dan literatur yang relevan. Wawancara dilakukan dengan mewawancarai Paksi Raras Alit (Ketua Umum FKY 2019), Andreas Praditya (Produser Pelaksana), dan Amelberga Astri P. (Manajer Komunikasi). Kemudian peneliti mengumpulkan data dengan cara melakukan riset lapangan agar mendapatkan data yang dibutuhkan. Data yang terkumpul kemudian diuji dengan proses triangulasi data.
Strategi event FKY 2019 adalah dengan menjadikan event sebagai media penyampaian pesan. Penyelenggara juga bekerja sama dengan kurator dalam memilih acara yang akan mengisi FKY 2019. Strategi kreatif event Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 adalah menentukan konsep event dari ide awal yaitu 7 Objek Pemajuan Kebudayaan menjadi sebuah konsep acara, dan artistik venue. Melalui proses umum untuk menentukan sifat event, tujuan event, keuntungan event, lalu melalui saringan pemasaran untuk menentukan target pengunjung, media publikasi, saringan operasional untuk menentukan tanggal, lokasi event, teknologi yang akan digunakan, dan juga sumber daya manusia yang diperlukan, saringan keuangan digunakan agar pelaksanaan event tidak melebihi anggaran yang telah disepakati. Semua proses diatas menghasilkan segala aspek pelaksanaan event FKY 2019, dari program acara, artistik lokasi, maupun hubungan dengan masyarakat sekitar lokasi.
Dosen Pembimbing: | Dr. SUCIATI, S.Sos., M.Si. and SOVIA SITTA SARI, S.IP., M.Si. | NIDN0513047201, NIDN503036901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S3) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 02:04 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 03:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |