Ahmad Marzuqi (2020) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN DAN RELEVANSINYA TERHADAP TINGKAH LAKU REMAJA (Kajian Tafsir Ibnu Katsir dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 177). S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (384kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Bab I.pdf
Download (175kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (365kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (371kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (813kB)
Abstract
ABSTRAK
Melihat betapa pentingnya pendidikan akhlak bagi remaja untuk pembentukan kepribadiannya, maka diperlukan relevansi antara pendidikan akhlak terhadap tingkah laku remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak yang terdapat dalam QS al-Baqarah ayat 177 (kajian tafsir Ibnu Katsir) dan relevansinya terhadap tingkah laku remaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka yaitu penelitian yang datanya bersumber dari buku-buku kepustakaan. Sumber primer yang digunakan adalah Tafsir Ibnu Katsir jilid 1, sedangkan sumber sekunder yang digunakan adalah Tafsir Al-Azhar jilid 1, Minhajul Muslim, serta litelatur-litelatur lain yang mendukung dalam penelitian ini. Adapun sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan cara menghimpun data yang bersumber dari data primer dan data sekunder kemudian di analisis dengan dengan analisis isi yaitu kajian tafsir ibnu katsir QS al-Baqarah 177 dan mengaitkan konsep pendidikan akhlak terhadap tingkah laku remaja
Hasilnya menunjukkan bahwa (1) konsep pendidikan akhlak (kajian tafsir Ibnu katsir) adalah membentuk kebiasaan berakhlak mulia dengan tujuan agar setiap orang berakhlak, bertingkah laku, berperangai dan adat beristiadat sesuai dengan tafsir Qs al-Baqarah: 177. (2) Tingkah laku remaja terbentuk berdasarkan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat, remaja yang menunjukkan tingkah laku sesuai norma dan nilai, maka dikatakan memiliki moralitas, sedangkan tingkah laku yang bertentangan dengan norma dan nilai, dikatakan melakukan tindakan amoral. (3) Relevansi pendidikan akhlak dan tingkah laku remaja, dari aspek konsep bertujuan untuk membentuk kebiasaan berakhlak mulia dan pembentukan jati diri serta kepribadian dalam diri remaja untuk pembentukan moralitas dan religiusitas. Aspek implementasi pendidikan akhlak dan tingkah laku remaja adalah membentuk akhlak karimah yang meliputi akhlak kepada Allah, akhlak kepada kitab dan Rasulullah, mendirikan sholat, menepati janji, sabar dalam menghadapi ujian untuk pembetukan moralitas dan religiusitas remaja, sedangkan aspek dampaknya membentuk keimanan dan akhlak, seorang remaja bertanggung jawab dari segala tingkah lakunya dari segi moral individu dan secara sosial mampu menerapkan norma sebagai pedoman hidupnya. Jadi berdasarkan beberapa aspek tersebut, bahwa konsep penddikan akhlak dan tingkah laku remaja dilihat dari aspek konsep, implementasi dan dampak mempunyai keterkaitan sehingga relevan.
Keyword: pendidikan akhlak, tingkah laku remaja.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 02:03 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 06:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2403 |